Home Artikel Dari Web Lain SURAT KECIL UNTUK TUHAN..
formats

SURAT KECIL UNTUK TUHAN..

Ada cerpen bagus nih. Aku copy-paste dari sumbernya. Cerpen di bawah ini merupakan kisah nyata. Aku sangat kecewa jika Anda tidak meneteskan air mata sedikit pun! Selamat membaca.

———————————————————————

-TRUE STORY GITTA SESSA WANDA CANTIKA.-
(KISAH NYATA GADIS BERUSIA 13 TAHUN BERTAHAN HIDUP DARI KANKER GANAS PALING MEMATIKAN DI DUNIA)

aku2

TUHAN BOLEHKAH AKU MENULIS SURAT KECIL UNTUKMU
TUHAN BOLEHKAN AKU MEMOHON SATU HAL KECIL DARI MU
TUHAN BOLEHKAH AKU HIDUP UNTUK WAKTU YANG LAMA
TUHAN BOLEHKAN AKU ADA DI DUNIA INI UNTUK BAHAGIA..

ISTANA DALAM DUNIA KECILKU

Suara kicau burung di pagi hari, terdengar menembus langit langit kamarku. Aku masih terbaring malas untuk bangun, Namun sepertinya Matahari mulai marah padaku, karena masih saja Aku menutup mataku. Cahaya Matahari pagi itu mulai menyentuh seluruh isi ruangan di kamarku yang cukup besar. Akhirnya, Aku mengalah pada alam dan Aku harus bangun, ini kah hari dimana Aku mulai harus sekolah.

Uohhhh…. teriakku sambil menguap.

Hai sobat, kenalkan namaku Gitta Sessa Wanda Cantika. Terlalu panjang ya.. ok! Biar gampang sebut saja namaku Keke. Aku anak ke-tiga dari tiga saudara. Aku mempunyai dua kakak laki-laki, namanya juga dipersingkat saja. Panggil mereka Koko dan Kiki, Koko, kakak tertua aku sekarang telah menikah dan memberikan Aku seorang keponakan imut dan lucu loh.. sedangkan Kiki, kakakku ke-dua sibuk dengan kerajaan pendidikan dia. Anaknya rajin dan pandai sekali.. terkadang setiap aku mengalami kesusahan dalam pelajaran sekolah. Dia yang terdepan menjadi guru privateku.

Keluarga kami keluarga yang bahagia, walau Ibu dan Ayah telah bercerai namun hubungan masih terjalin dengan baik. Aku dan kedua Kakakku tinggal bersama Ayah. Ops.. tak lupa kukenalkan pahlawan dalam keluarga kami. Dia ini ada raja dari istana kami. Ayahku, teman sekaligus pacarku.. lucu ya.. eits jangan salah paham ya! Habis Ayah, walau sudah berumur tampang boleh dibilang ga jauh dari Tau ming se, bintang F-4 asal Taiwan itu loh..

Hm.. di hari ini! saatnya Aku ceritakan tentang bagian dari istana kami. Sejak kecil Aku mempunyai hobby Menyanyi dan Modeling. Ga percaya? Silakan saja lihat koleksi kamarku. Bukan sombong ya hehe. Tapi itu kan waktu kecil, sekarang Aku sibuk dengan sekolah saja kok! Masih terbayang oleh Aku, ketika Aku beberapa kali menjadi juara model di beberapa kejuaraan dan Aku juga sempat membuat album cilik. Tapi rasanya itu bagian dari masa kecil yang indah. Walau terkadang Aku masih merindukan masa masa itu.

Oh ya.. sekarang Aku duduk di bangku kelas 1 SLTP Al-Kamar, aku baru menginjak sekolah ini saat aku masuk pertengahan semester. karena beberapa masalah dalam keluarga kami, khususnya ketika perceraian orang tua. Aku dan kedua kakakku sempat memutuskan untuk berhenti sekolah. Namun akhirnya Aku rindu juga terhadap dunia pendidikan. Suatu ketika ayah mendapatkan tawaran pekerjaan di sebuah yayasan pendidikan. Sehingga akhirnya setelah berdiskusi kami memutuskan untuk kembali sekolah. Dan ternyata pilihan ini tidak salah.. Aku sangat bahagia karena memiliki beberapa teman yang baik dan sayang padaku.

Sobat, rasanya menjadi anak remaja adalah bagian dari hidupku saat ini. terlepas dari semua itu Aku masih berusia 13 tahun. Namun Aku juga mempunyai hobby jalan jalan ke Mal atau pun sekedar hal rahasia yang ingin Aku ungkapkan. Temen temenku suka mengeluh jika sedang berpergian denganku. Aku suka menghilang secara tiba tiba? Mereka terkadang sibuk mencari Aku kemana mana, padahal sesungguhnya Aku suka sekali menuju tempat bacaan di setiap Mal. Dari sekedar membaca komik sampe novel semua Aku suka! Makanya tak heran Aku bisa berjam-jam berdiri sambil membaca buku di sebuah kios atau toko buku.

Buat Aku pendidikan adalah segalanya. Dan segala sesuatu yang bisa aku baca untuk menambah pengetahuan otakku, selalu kulahap. Mulai dari buku Pintar sampe kamus bahasa Indonesia. Aku sih sip sip aja! Hehe. Oh ya Aku suka sekali komik keluaran jepang. Bahkan Aku bercita cita untuk menjadi penulis komik. Di sela sela waktuku, Aku selalu mengambar Manga atau tokoh kartun jepang. Entah sudah berapa banyak tokoh kartun imanijasiku terlukis di kertas fileku.

aku2

Sahabat_keke

Oh ya.. tak lupa kukenalkan beberapa Sahabat terbaikku yang selalu kukenang dan kusayangin . Mereka adalah Maya yang cantik, Syifa yang unik, Echda yang selalu bikin lucu, terus Chika yang pemalu namun ga malu-maluin. Andini yang selalu tertawa dengan kencang. Kemudian ada Nelly yang mirip Krisdayanti, Idha yang ceriwis. Githon dan Sysca yang selalu berebut hobby yang sama. Dan yang terakhir Nozia yang mirip Rei si Sailor Mars.

Kami adalah geng yang selalu bersama, susah atau senang. Duka atau tangis. Apapun kami lakukan bersama. Banyak hal yang nyaris tidak pernah kami lakukan tanpa bersama. Karena kami adalah kelompok paling ngetop dan menghebohkan di sekolah kami. Tak kalah dari geng apapun. Karena kami punya motto biar kecil tapi cabe rawit. Biar masih SMP tapi kelakuan SMU hehe.

Tak terlupa satu sisi lain yang ingin kukatakan akan perjalanan cinta. Aku pun tak bisa terlepas dari jatuh cinta. Cinta yang mungkin orang lain bilang cinta monyet. Tapi buat Aku, cukup cinta yang indah. Untuk seseorang yang kusayang. Andi, dia adalah pangeran dalam hidupku. Anugerah Tuhan yang membuat Aku serasa seperti putri dalam dongeng.

Sobat, bisakah kau merasakan apa arti dunia kecil dalam hidup kamu. Ya.. dunia kecil. Terkadang ada rasa sedih, benci dan marah. Namun terlepas dari semua itu. Dunia itu terasa indah. Bukankah setiap orang terlahir untuk memiliki dunianya masing masing. Mungkin istanaku terasa indah, namun ada pun sisi dimana Aku mulai merasa sedih. Karena Aku juga manusia biasa.

Mungkin Aku pernah bangga karena terpilih menjadi siswa terladan oleh pemerintah dan Aku sempat juga mendapatkan pelukan dari Ibu Megawati yang ketika itu menjabat menjadi Presiden. Namun Aku juga harus menghadapi sebuah kenyataan orang tuaku bercerai. Bukankah dunia itu cukup adil untuk manusia. Kebahagian dan kesedihan selalu ada dalam dunia. Apakah Aku layak mengeluh? Tidak. Aku tidak mengeluh. Aku jalanin semua dengan baik baik saja.

AIR MATA ITU MULAI ADA

Lukisan_asli_keke

aku2

Suatu ketika di hari yang tak pernah Aku duga. Ketika Aku mulai merasa ada hal lain yang mulai datang pada hidupku. Kakakku Kiki pulang dengan keadaan malu untuk dilihat, wajahnya mirip sekali dengan Ikan Mas. Aku sempat membuat lelucon akan sakit mata yang dialami oleh kakakku. Usut punya usut. Terjadi kehebohan di Kelas Kakakku. Beberapa siswa mengalami sakit mata memerah. Dan salah satuhnya adalah Kakakku.

Kuperhatikan wajah Kakakku ketika makan malam bersama. Kami sempat bercanda ria dan kukatakan pendapat Aku tentang sakit mata itu. Ada mitos yang mengatakan itu akibat mengintip. Dan kakakku terlihat malu, namun dia tidak marah karena itu hanya percandaan di meja makan.

Setelah Ayah memberikan obat mata, keadaan Kakakku mulai membaik. Beberapa hari kemudian penyakit itu menghilang. Namun ketika Aku bangun di pagi hari. Aku mulai merasa mataku terasa perih, kulihat cermin di lemariku. Astaga!! Mataku memerah. Aku tertular penyakit mata dari kakak. Mungkin karena Aku dikutuk kakak karena ejekan saat itu. Rasanya malu sekali untuk makan pagi bersama bila kakakku melihat wajahku ini.

Benar saja. Tawa kakakku terlihat senang ketika ia melihat wajahku. Untungnya Ayah sempat melotot ke arah kakak dan dia terdiam. Hal pertama yang Ayah tanyakan padaku adalah.

âgimana Keke. Sakit? Nanti pulang sekolah kita ke dokter ya!â tanya ayah dan Aku hanya terdiam karena malu.

Kejadian itu baru saja terjadi di rumah. Ntah apa yang bisa kupikirkan di kelasku nanti. Semua pasti akan menertawakan Aku. Memang hal itu terjadi. Semua murid di kelasku memandang dengan aneh , dan Aku hanya menutupin wajahku dengan tisue. Hingga temen sebangkuku Chika bertanya..

ânapa loe ,ke?âtanya Chika

âmata gua.. kena tepa Kiki, aduh malu deh.!â ujarku

âah sebodoh amet. PD aja lagi. Lagian bukan hal yang biasa kok. Kemarin kan sempet heboh heboh di Kelas sebelah juga ada yang kena!â

âoh ya kok gua ga tau ya..!â

âapa sih yang loe tau.. komik melulu sih! Tapi baguslah dengan gitu. Mereka juga ga ada yang berani katain loe.. takut ketepa haha!â

âdasar loe ah hehe!â ujarku pada Chika.

Nampaknya gosip kutukan bila meledek orang yang sakit mata, cukup ampuh untuk membuat temen temenku diam. Namun aku malu untuk bertemu Andi pacarku. Untungnya hari ini dia berhalangan hadir. Aku masih sempat mengikuti pelajaran olahraga bermain Volley. Dan ketika aku bermain volley..

âke.. loe mimisan..!â ujar Chika yang satu tim denganku

Aku terkejut tak menyadari hidungku mulai mengeluarkan darah segar. Dan Aku pun berlari menuju toilet untuk membersihkan serta meredahkan mimisan ini. Untuk sesaat aku hanya beristirahat di ruang Unit kesehatan Siswa. Hingga menunggu mobil jemputan Ayah. Yang telah di beritahukan oleh wali kelas akan mimisanku.

Aku mulai mengeluh merasa sulit bernafas karena lubang hidung sebelah kiriku tersumbat. Melihat keadaanku Ayah mengira aku mengalami flu dan pilek. Akhirnya pulang dari Sekolah , kami langsung menuju dokter pribadi keluarga kami bernama Pak. Fendy.

Aku hanya terduduk terdiam ketika dokter mulai memeriksa mulut dan mataku melalui senter kecil. Kemudian ayah mulai bertanya tanya akan sakitku. Dokter hanya berkata ringan sambil membuat resep obat.

âobat ini diminum secara teratur selama Lima hari , bila tidak ada perubahaan saya akan buat surat pengantar ke prof Lukman di Rumah Sakit Darmais.â ujar dokter fendy

Aku dan Ayah hanya tersenyum kecil melihat apa yang dikatakan Dokter. Dugaan sementara untuk penyakitku adalah Sinus, dengan minum obat secara teratur dalam lima hari mungkin akan sembuh. Namun apa yang terjadi. Hari demi hari berlalu, Ada yang aneh dengan diriku. Mataku tidak kunjung memutih dan terus memerah. Mengeluarkan air mata dan terasa perih. Hidungku terus mengeluarkan darah dalam beberapa kali sehari. Ayah mulai khwatir dan rasanya lubang hidung sebelah kiriku terasa mati rasa.

Sesuai perintah Dr.Fendy bila dalam lima hari tidak ada perkembangan, Aku harus menuju rumah sakit rujukan. Aku sedikit terkejut dengan apa yang kulihat dan mulai merasakan ketakutan kecil. Memandang sebuah rumah sakit yang besar dan untuk pertama dalam hidupku ,aku menginjakkan kaki di rumah sakit untuk bertemu dengan seorang Profesor Lukman.

Setelah bertemu Prof.Lukman. Ayah mulai memberikan surat pengantar yang dibuatkan oleh Dr.Fendy. setelah membaca isi surat tersebut. Prof.Lukman mulai melakukan tindakan awal. Bagian dari kepalaku akan di ronsen dan ini adalah pengalaman pertama dalam hidupku menghadapi sebuah alat canggih dari kedokteran. Aku hanya berujar dalam hatiku , ada apa dengna diriku. Mengapa hanya sebuah flu. Aku harus melakukan berbagai pemeriksaan.

Setelah hasi ronsen itu keluar dalam bentuk copy scenen. Prof Lukman terdiam dan terlihat berkonsentrasi memperhatikan hasil ronsen tersebut. Prof. Lukman. Hanya memandangku sekilas lalu berkata padaku.

âKeke. Bisa kamu keluar sebentar.. Saya ingin bicara dengan Ayah kamu sebentar.. pembicaraan orang dewasa!â jelas Prof. Lukman

âok.. gapapa. Ayah.. Keke. Keluar dulu ya..!â ujarku untuk pamit.

Kenangan_terakhir_keke

aku2

Dan Aku hanya melihat Ayah masih bingung dengan permintaan Prof.Lukman padaku. Setelah itu keadaan menjadi sunyi dan Prof. Lukman mulai menghela nafas untuk memulai pembicaran dengan Ayah.

âPak Jody..â panggil Prof.lukman pada Ayahku.

âiya.. pak, ada apa ya ! kok anak saya dari kemarin mimisan dan katanya dia susah nafas ? Apa hasil diagnosa copy scenennya pak?â tanya Ayah.

âmohon Pak Jody kuat mendengar semua ini.. !â jelas Prof.Lukman yang mulai membuat ayah sedikit takut.

âada apa dengan putri saya pak?âtanya Ayah.

âPutri Bapak terinfeksi penyakit Rabdomiosarkoma..!!â

âhah.. rabdo…â ujar Ayah kesulitan mengulang

âpenyakit ini secara luas dikatakan tergolong Kanker.!â

âKanker……!?â Ayah terkejut

âbenar Pak Jody. Putri anda terinfeksi penyakit Rabdomiosarkoma atau kanker jaringan lunak!â

âsaya tidak begitu ngerti penyakit ini.. tapi bagaimana bisa?âtanya Ayah

âmohon bapak tenangkan diri sebentar..!â

âsaya minta maaf untuk mengatakan kalau penyakit kanker pada putri anda adalah kanker paling ganas dalam tingkatan kanker. Kanker ini masuk stadium 3. dan perkembangannya hanya lima hari. Dan ini adalah kasus pertama dalam hidup saya melihat kejadian pada putri anda. Biasanya kanker ini hanya menyerang anak di bawah usia 3 tahun atau usia lanjut.!â

âProfessor jangan bercanda. Keke itu jarang sakit.. bahkan tidak ada tanda tanda kalau dia kanker!â bela ayah

dokter hanya terdiam dan mencoba membuat Ayah yang panik untuk tenang sesaat.

âPak Jody, inilah Rabdomiosarkoma, penyakit ini merupakan kanker ganas yang tidak memiliki tanda tanda, lain dengan seperti kanker payudara ataupun kanker stadium ringan. Kanker ini berkembang sangat cepat dalam waktu lima hari. !âjelas Prof.Lukman dan Ayah mulai menangis.

âtapi pak.. bagaimana bisa putri saya..terserang kanker begitu menakutkan seperti ini!âtanya ayah ulang

âPak Jody. Saat ini bukanlah saatnya untuk mencari penyebab kanker ini. namun adalah saatnya untuk mengobati kanker ini agar tidak berkembang secara luas pada pasienâjelas Prof .lukman.

Ayah hanya bisa menangis dan Prof berusaha membuat Ayah tenang. Setelah kemudian keadaan mulai terkontrol. Prof mulai menjelaskan prosedur yang harus dilakukan untuk menyembuhkan Aku serta melenyapkan kanker ini. Prof Lukman mengambil copy scenen tengkorak wajahku kemudian mulai menjelaskan tindakan yang harus dilakukan.

âjadi langkah yang harus dilakukan adalah mengangkat kanker ini melalui operasi. Dan operasi yang harus dilakukan adalah memotong tulang pipi, kemudian mata, dan setengah dari wajah pasien. Boleh dikatakan putri bapak kemungkinan akan menjadi buta dan cacatâjelas Prof. Lukman

âastaga Pak, kanker itu hanya sekecil kuku, mengapa operasi harus sampe kayak gitu?â tanya Ayah kaget

âPak Jody. Prosedur pengangkatan kanker adalah secara medis adalah seperti ini, mengenai masalah sehabis operasi, bisa dengan melakukan operasi plastik pada wajah pasien!â

âtapi pak. Anak saya adalah seorang wanita. Bagaimana dia menghadapi masa depan setelah operasi yang nyaris menghabiskan sebagian muka dia!â

âtapi ini adalah keputusan yang terbaik..bagaimanapun tidak ada pilihan lain untuk kanker Rabdomiosarkoma!!â

âapakah ada jaminan setelah melakukan operasi. Putri saya akan sembuh!â tanya Ayah dan Prof Lukman hanya terdiam

âsaya tidak bisa menjamin semuanya, karena untuk kanker stadium rendah saja. Keberhasilan sembuh pada pasien sangat kecil. Apalagi dengan keadaan putri bapak, yang saya bisa katakan adalah semua kehendak Tuhan.!â

âberikan saya waktu untuk menjawab dokter. Saya harus melakukan diskusi masalah ini dengan keluarga. Dan memberikan keputusan!âjelas Ayah

âPak Jody, remukkanlah masalah ini dengan cepat. Karena kanker ini berkembang sangat cepat!â

Ayah hanya bisa terdiam untuk beberapa saat. Sedangkan Aku mulai bosan menunggu hasil pembicaraan Ayah dengan Prof.Lukman. Untungnya ada salah satu suster yang tidak bertugas dan dia bersedia menemani Aku berbicara. Suster yang sangat ramah itu terlihat baik dan ramah padaku. Dan saat Aku mulai berbicara dengan suster. Ayah muncul dengan wajah terlihat murung.

âAyah.. lama banget sih!!.. untung ada suster yang temenin Keke ngobrol!â jelasku

âmaaf ya keke.. tadi ada hal penting yang mesti Ayah bicarakan sama Prof.Lukman.âjelas ayah

Aku tak mengerti apa yang terjadi. Namun saat itu juga ayah berlutut mengikutin tinggi badanku. Dia memandangku dengan wajahnya kemudian ia mulai memelukku. Aku merasa malu saat itu ketika suster mulai tersenyum melihat tingkah ayahku yang tak biasa.

âaduh ayah.. malu neh, kenapa sih tiba tiba gini !â ujarku

âaduh gapapa lagi Keke. Ga usah malu malu gitu. Artinya Ayah Keke sayang sama Keke.. ya akan pak!â tanya suster itu

dan Ayah hanya terdiam tanpa bicara. Kemudian kami mulai kembali ke dalam mobil. Tidak ada canda apapun didalam mobil seperti biasanya. Ayah terlihat berbeda dari biasanya. Karena rasa penasaran ayah hanya dia saja, Aku pun mulai bertanya..

âAyah.. apa sih kata Prof.Lukman tentang penyakit Keke!â tanyaku

dan ayah hanya tersenyum kecil dan berkata..

âKeke hanya sakit flu biasa. Tidak ada yang perlu ditakutkan.. minum obat nanti juga sembuh, Keke tahan dulu ya.. !!â jelas ayah

Keke_after_sembuh

aku2

Apakah ini sebuah pernyataan yang sesungguhnya. Aku mulai merasa ada yang tidak benar. Namun Aku tidak ingin berpikir apapun, karena sesungguhnya aku lebih tahu apa yang terjadi dalam tubuh aku. rasa sakit pada hidungku mulai terasa menghambat pernafasanku. Namun aku hanya bisa bertahan untuk tidak membuat diriku seolah sakit. Aku ingin buktikan kalau apa yang Ayah katakan adalah benar..

HARI INDAH ITU TELAH DATANG

Hari indah dan harapan yang Aku nanti akhirnya telah datang. Doaku selama ini telah didengarkan oleh Tuhan. Kesabaran dan keihklasan Aku menerima semua cobaan ini telah terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang. Aku ingin membalas segala rasa sedih yang kualami dengan keceriaan.

aku2

LAHIR 19 JULY 1991-25 DESEMBER 2006

ALBUM PERDANA KETIKA AKTIF : ALBUM RAME RAME ANAK IDOLA

KELUARGA : AYAH DAN 2 ORANG KAKAK LAKI LAKI.

PRESTASI : 1999 ANAK TELADAN INDONESIA

BEBERAPA PENGHARGAAN : MODEL DAN MENARI

———————————————————————
Surat kecil untuk Tuhan, surat terakhir gadis remaja penderita kanker ganas.

Tuhan ..
Andai aku bisa kembali..
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.
Tuhan ..
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada hal yang sama terjadi padaku ,terjadi pada siapapun.

Cuplikan itu menjadi sedikit bait dari sebuah tulisan yang ditulis seorang remaja penderita kanker Rabdomiosarkoma atau kanker jaringan lunak. Sebuah kanker ganas yang menyerang pada bagian wajah seorang gadis remaja bernama Gita Sesa Wanda Cantika. Umurnya masih 13 tahun saat dokter mengatakan kepada ayahnya bahwa putrinya hanya dapat bertahan selama 5 hari bila tidak melakukan operasi segera.

Hati ayah mana yang tidak hancur ketika tau jalannya operasi itu harus membuat sang putri kehilangan sebagian wajahnya. Sedangkan sang putri mulai bertanya mengapa diwajahnya mulai tumbuh gumpalan sebesar buah kelapa. Tak ingin melukai hati anaknya, sang ayah berserta keluarga merahasiakan kanker itu pada Keke, panggilan gadis remaja aktif dengan sejuta prestasi model dan tarik suara. Namun perlahan Keke mulai menyadari dirinya bukan sakit biasa, ia sadar hidupnya tak mungkin akan bertahan lama dengan pandangan mata yang mulai buta oleh kanker.

Walau akhirnya ia tau ia terserang kanker ganas, ia pasrah dan tidak marah pada siapapun yang merahasiakan penyakit maut itu padanya. Ia memberikan senyum kepada siapapun dan menunjukkan perjuangannya bahwa dengan kanker diwajahnya ia masih mampu berprestasi dan hidup normal di bangku sekolah. Tuhan menunjukkan kebesaran hati dengan memberikan nafas panjang padanya untuk lepas dari kanker itu sesaat.

Perjuangan Keke melawan kanker membuahkan hasil, Kebesaran Tuhan membuatnya dapat bersama dengan keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Keberhasilan Dokter Indonesia menyembuhkan kasus kanker yang baru pertama kali terjadi pada putri Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua Dokter di Dunia bertanya-tanya. Namun kanker itu kembali setelah sebuah pesta kebahagiaan sesaat, Keke sadar nafasnya di dunia ini semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia bersyukur mendapatkan sebuah kesempatan untuk bernafas lebih lama dari vonis 5 hari bertahan hingga 3 tahun lamanya. Dokter menyerah terhadap kankernya, di nafasnya terakhir ia menuliskan sebuah surat kecil kepada Tuhan. Surat yang penuh dengan kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada air mata lagi di dunia ini terjadi padanya, terjadi pada siapapun.

aku2

Nafasnya telah berakhir 25 desember 2006 tepat setelah ia menjalankan ibadah puasa dan idul fitri terakhir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya, namun kisahnya menjadi abadi. Ribuan air mata berjatuhan ketika biografi pertamanya dikeluarkan secara online. Pesan Keke terhadap dunia berhasil menyadarkan bahwa segala cobaan yang diberikan Tuhan adalah sebuah keharusan yang harus dijalankan dengan rasa syukur dan beriman. Perjalanan waktu, biografi Keke pun dipasarkan secara luas. Ditulis oleh Agnes Davonar, buku yang penuh dengan hikmah dan ketulusan ini diberi judul â SURAT KECIL UNTUK TUHANâ ini menjadi buku kedua penulis yang memulai kariernya dari sebuah blogger dengan situs : http://lieagneshendra.blogs.friendster.com.

Misi kemuliaan buku ini cukup tergambar dengan menyumbakan sebagian dari hasil penjualan ini kepada yayasan yang bernaung membantu penderita Kanker di Indonesia. Bahkan, buku ini diedarkan di luar negeri dengan permintaan penerbit asal Taiwan yang akan terbit bulan September awal. Sedangkan Di Indonesia sendiri akan diedarkan minggu ketiga Agustus. Sebuah soundtrak yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Indonesia Ferel dengan judul â Sbab kau menjagakuâ menambah arti kisah perjalanan gadis remaja yang mendapatkan penghargaan sebagai siswa teladan Indonesia dari pemerintah Indonesia.

Sobat yang budiman, bab pertama dari kisah ini dapat di download secara online di

http://www.ziddu.com/download/1908409/hal1-9.pdf.html

from : agnes’s blog, lautanindonesia.com

Footer: dokumentasikanlah hidup Anda selalu.

Facebook Comments:

295 Responses

  1. blm smpt baca pin….tp kayaknya kisahnya sedih ya?ikut terharu*_*

    ” admin :
    iya mas, menyedihkan sekali. kisah ini inspriratif.
    semoga banyak yang baca. perjuangannya itu lo…

  2. icha

    sumpah ni buku bikin gw sakit.maksudnya sakit mata gara2 nangis terharu banget.gw salut dengan semangat juangnya untuk bertahan hidup yang paling gw banggain buat keke pada saat ada ujian dia dengan keadaan buruk tetapi dia bisa ngerjain ujian tersebut dengan hasil yang memuaskan.

    ” admin :
    wah terima kasih banyak utk icha.
    salam kenal yah.
    semoga banyak yang baca buku itu.

  3. sangadh menyedihkan. .
    pi dY sangadh hebat iagh. .

    ” admin :
    iya, menyedihkan.
    namun membuat semua orang kagum akan kegigihan gadis yg masih belia tersebut.

  4. krisna

    aku sudah beli novelnya…benarrr….saat membaca buku ini airmata gak bisa berenti keluar, betapa Keke yang masih belia bisa dengan tabah, sabar dan iklhas menjalani semuanya sampai ajal menjemput.

    ” admin :
    wah, hebat.
    terima kasih mas krisna atas kunjungannya dan mau berbagi pengalaman tentang novel tersebut.
    jangan takut untuk menangis.
    kita harus belajar banyak dari Keke itu.

  5. NINA

    aku sendiri baru sadar bahwa sesuatu itu ada enak dan gak enak keke makasih kamu beri aku kesempatan untuk baca kisah mu aku salut ama ketabahan mu menghadapi cobaan ini klu aku pasti udah nyerah dan menyesal
    kamu pergi dari dunia yang penuh kerikil menuju dunia yang indah yg menjadi tujuan kita semua.
    selamat tinggal keke…

    ” admin :
    semoga kisah ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua yang beruntung masih bisa menghirup udara segar.
    kehidupan ini hanya sebentar, sangatlah sebentar.
    jangan sampai kita lupa untuk apa sebenarnya kita hidup.

  6. sonita

    aku sedih bngat stlah mmbaca tulisan ini hatiku tersentuh sama seperti apa yang aku alami aku jg ngerasa bahwa hidupku gak akan lama lagi

    ” admin :
    Waduh, kok bisa merasa seperti itu? Optimis aja, ok !!

  7. Apakah penyebab kanker Rabdomiosarkoma ini dan bagaimana cara mengobatinya tanpa melalui operasi?
    Saya kira inilah yang lebih penting untuk kita lakukan daripada ketakutan, sedih atau sekedar bersimpati. Jika membaca cerita ini, Keke adalah anak yang tegar dan tidak membutuhkan simpati dari kita.
    Dukung upaya perangi kanker, dengan apaun yang ada pada kita.

    ” admin :
    duh, dalam sekali. ini sindiran yang cukup halus. semoga banyak dokter yang membaca novel ini, agar mereka tahu bahwa ternyata mereka memiliki pe-er besar dalam âduniaâ kanker.
    terima kasih atas apresiasinya ya…

  8. tommy

    gila ceritanya sedih banget,….
    perfeck

    ” admin :
    Iya, menang cerita yang menyedihkan, sekaligus mengharukan. Semoga menginspirasi kita untuk hidup lebih baik.

  9. wah, bikin nangis nih…

    ” admin :
    plis dong ren, jangan nangis gitu ah. duh, aku lagi ga pegang saputangan, maaf ya.

  10. kariin

    udah baca bukunya nii.
    keren banget .

    ” admin :
    weh, udah baca juga ya?
    iya keren banget…

  11. angel

    hebatnya lagi buku ini mau diangkat dalam topik kick andy loh bulan ini juga

    ” admin :
    Weh, yang benar? Tolong kasih kabar ya jadwalnya. Aku kan juga ingin lihat…

  12. angel

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1314169&page=15

    ikutan gabung buat dapat tiket nontonnya

    ” admin :
    yup, segera !!!
    aku meluncur secepat roket.
    ayo semuanya, buruan gabuuung…

  13. anita

    hummmm… kisah dia sangat sedih banget2 ampe waktu mau baca pengen nangis…

    humm… kisah ini bisa menjadi cermin bagi kita yaitu.. “Jangan pernah mebuang setiap waktu yang pernah Tuhan berikan buat kamu!”

    ” admin :
    iya, memang sedih banget kisahnya.
    kau benar, sahabat. waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali, jadi kita harus memanfaatkan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya.
    semangat aja yuk!!

  14. Eh kick andi itu acara apa ya? Katanya di metro tv ya? Kapan, apa udah? Aku sih, telat..

    ” admin :
    yee, kamu ke mana aja bu? iya, itu di metro tv.
    aku juga ga nonton kok. hehehe.

  15. noni

    saya sedih baca cerita ini, karena sejak 1,5 tahun ini anak saya di vonis kena rabdomiosarkoma juga.

    Saya sedih karena di cerita ini di gembor2kan bahwa kanker ini adalah kanker paling ganas di dunia, sementara dokter kanker anak saya tidak pernah bilang begitu. Apakah dokter yang menyembunyikan fakta atau pernyataan “paling ganas” itu yang kurang tepat? Karena jujur, pernyataan itu membuat keluarga dan pasien rabdomiosarkoma lainnya jadi putus asa…

    Tapi saya berusaha untuk tetap optimis…semoga Allah memberi jalan dan kemudahan bagi kami dan semua penderita kanker dan keluarga lainnya untuk bangkit.

    ” admin :
    aku turut prihatin bu.
    aku juga tidak tahu pasti pernyataan “paling ganas” itu cukup beralasan atau tidak.
    jangan putus asa ya bu.
    Yup, aku yakin Allah akan memberikan jalan dan kemudahan bagi hambanya yang berusaha.
    Doaku bersamamu, bu.

  16. ian

    mo baca tpi dah ngantukzzzzzzzzzzzzzzzz

    ” admin :
    yeee, ya sudah, tidur aja dulu sana.
    nanti baru baca…

  17. rizca

    aku mau membacanya………..
    qra2 ada g ya……………d toko buku !!!!!!
    sedih bgt kisahnya…………

    ” admin :
    loh mas, bukankah ada di toko2 buku terdekat?
    coba cari aja, ada kok.

  18. iLa

    Keke , semangatmu membukakan mataku untuk mensyukuri hidup ini. terima kasih.

    ” admin:
    :P :D

  19. idoy....

    hhmmm…
    kisahnya mengharukan….
    ijin share ya admin…..

    ” admin:
    iya silakan, tapi sumber aslinya yang dibawah tulisan itu disertakan juga ya. :P

  20. Mita Firdausyi

    Kisah yang membangunkan aku dr mimpi2 dunia…
    Keke terlalu hebat dibandingkan aku yg masih selalu mengeluh akan hidup.
    Setelah baca kisahnya, aku kembali semakin mensyukuri hidupku.

    ” admin:
    siiip, mba!

  21. widya anggraeni

    assalamu’alaikum
    uuwwhhh,,
    jjur ja ,,
    dre crta nie ,,
    ku bsa lbih ngehargain arti hidup ^_^

    ” admin:
    syukurlah kalau begitu.

  22. ass,
    q salut dweh ma keke mskpun dy pny pnykt dy tetep brjuang tuk hdup dan q mkin tau ap arti ny hdup. mkn ny jgn sia2 kan hidup d dnia yg hny smntra.

    “admin:
    wa’alaikumsalam. semangat yuk!

  23. ass,
    duh slut dweh ma keke,
    mstnya q bsa nghrgain hdup.

    “admin:
    :P semangat!!

  24. salut….buat Agnes danovar, yg ud bikin kisah keke jadi hidup.
    tapi….boleh ga kalo misalnya biografi keke di tulis ulang dalam bentuk novel sama TERELIYE? saya yakin…..jadi lebih……HIDUP

    “admin:
    beliau memang hebat, mba. btw tereliye apa ya? :P

  25. aku udah beli novelnya dan aku udah baca semuanya ..
    sampe” kel dan teman” aku membacanya ..
    keke adalah seorang anak yang tegar dan iklas menerima kenyataan yg begitu pahit dalam hidupnya ,
    seorang keke telah membuka hati aku tentang bagaimana kita mesti menghargai kehidupan ini .
    aku membaca novel ini seperti aku dekat dengan dya .
    selalu ingin tahu tentangnya .
    klo aku boleh tw alamat rumah keke dmn?

    “admin:
    waduh, aku ga tahu alamat rumahnya mba. maafkan aku ya.

  26. tsania

    sedih,,banget …

    tapi..da pelajaran yang dapet kita ambil

    slamat.. jalan keke……

    “admin:
    semoga banyak yang bisa kita ambil hikmahnya, mba. :P

  27. dewi

    saiia setelah baca novelnya sungguh sedih dan ada rasa bangga atas perjuangan keke dan ayahnya yang tetep tabah dan tawakal dalam menghadapi segala ujian yg mereka alami. begitu pula andi dan para sahabat keke yang senantiasa mensuport keke dlm keadaan apapun.

    “admin:
    semangat selalu, mba. :D

  28. FAIZAL

    mksih keke walaupun kau tlah berpulang tapi semangatmu akan selalu q ingat sampai akhir hayat hidup q……..smoga kmu di terima di sisi Allah SWT………

    “admin:
    tetap semangat, mas.

  29. yeni

    selamat jalan sobat ……………….. kami sayang padamu …………… luv U

    “admin:
    hiksss…

  30. dea hardiyanti putri

    ya allahh,,,mudah2an keke bisa tenang disisiMU tuhan,,,
    GilAAAAAAAAAaaaaa ni cerpen bikin w nangis!!!!!!!!!
    keren banget,,,apalagi yg nama’a keke patut di acungin jempol,,,

    “admin:
    amiin. :D

  31. septi

    y allah keke km sbr bgt mghdp sma ne………andai kn pnykt ntu bs smbh q pgn ktm km…..tp syg TUHAN sdh bhendak lain bwt u……smg keke tng d sisiNYA y…..(amien)n smg kel.yg d tggl kan’x sbr dlm mghdp sma ne………

    novel’x keren abiezzz….w j smp ngs bc’x ……..

    “admin:
    :D

  32. ade arif

    sungguh baru pertama kali ane baca novel sambil menitikkan air mata,,
    jadi pengen tau, dimana makan alm, berada ???
    ingin memberikan sedikit penghargaan pada alm, atas kisah hidupnya yang membuat hadupku yang sedang dijalani kini semakin bermakna,, sungguh kisah hidup seorang hero cilik,,,,
    subhanallah,,,

    “admin:
    yang sabar ya mas… :D

  33. ameeel

    iiihhh , gw baca ni buku setengah hari slese daan satu kotak tisue abiis dalam sekejap ..
    gilllaaa kasih ayah sama anak nya emg hebat banget bikin gw sesek nafas bacanya .. aplgi keke dia keren abiiisss 13 th uda bisa tegar kyk gni brjuang smpe kurang lbh 2th ..dia ga kyk ank” seumuran nya dia tegar abis , ank” yg lain kadang cuma sakit pilek ajj uda ribut , ini kanker bisa dia lawan 2th kreeeeenn dah

    “admin:
    sekarang kotak tissuenya udah diisi lagi kan mba? :D

  34. annisa

    selamat jalan keke ..
    cerita hidupmu akan dikenang oleh orang banyak ..

    “admin:
    hikss, jadi sedih lagi.

  35. ade arif

    @ade arif
    tau alamat makamnya tak ????
    ingin sekali menyambangi makamnya,,,,

    “admin:
    haduh, aku ga tahu… maaf.

  36. ayda

    aQhu dacH seLesai mEmbAca noveL ne..
    pErjuaNGan sEoranG Keke, emAnk paTut dI coNtoH..
    Keke eMAnk seoranG gaDIs yanG tegaR..
    dYA gaDis yaNG bIza bErtaHAn aGar aYAh.na tIdaK sEalu bErseDIh KareNA penYAkiT kanKer GAnaS yaNg meRenggUT nYAwa KEke.

    “admin:
    semoga kisah ini menjadi inspirasi bagi kita semua, karena ada banyak pelajaran di dalamnya.

  37. tetap semangat keke………..

    “admin:
    semangat!

  38. nisri

    dalam waktu sehari lebih dikit aku selesai baca novel ini..aku serasa pengen nangis baca novel ini.moga keke di terima disisi Allah swt…..

    “admin:
    jangan kelamaan nangisnya ya mba… :lol:

  39. kumbara

    hmm,….dah baca novelnya,..bagus tuh,….sebagian hasil sumbangan akan d sumbangkan,..

    “admin:
    subhanallah…

  40. udah baca novel na nih.,
    d novel kta na mw d film’in
    kpan film na.??
    pengen liat nih.
    slamat jalan keke.., smoga di brikhan tmpat yg indah d sisiNYA
    Amiin….

    “admin:
    hiksss hiksss…
    nangis lagi…

  41. Via

    Bru bca tdi novelny udh bkn q trharu
    Pngen cpet2 liat filmny
    Met Jln Mba KEke,,,,,,,,

    “admin:
    hikss…

  42. putri

    q baru baca novelnya sedikit aj udah nangis gmn klw semuanya q baca kejer mungkin…..
    tp, perjuangan keke menyadarkan kita sebuah arti kehidupan…..
    wlw keke kena kamgker tp ia sabar. keke semoga kau diterima di sisinya….
    amien…

    “admin:
    amiin…

  43. Shato

    ..sumpah.keren bgt nh crta..
    Bribu2 novel yg q bca.bru prtma x ni q nangis gra2 bca novel.

    Buat keke mksh bgt km dh mnyadarkn q akn indh nya hdp.
    Dan
    Bhagia lh kau d alm surga sana..
    Love you.

    “admin:
    amiinn…
    * nangis lagi…

  44. ilham

    sumpah ini buku bagus bgt buat dibaca. mata gw sakiiit. cepetan di rilis deh film nya. inspiratif bgt perjuangan keke ga bisa berkata kata lagi deh gw

    “admin:
    betul betul betul …

  45. mayang

    sedih banget baca ceritanya

    “admin:
    memang…

  46. DIOVIA

    Q dpt pnjman novl ni ri tmen’Q….
    Sngguh……mnyntuh hti bgtzzzz…Pa gi ni true story..
    Salut bwt KEKE.. Mg dmai drimu d sUrga
    Tux Qta2 yg msih dKsih nkmat shat n’ sempat..Keep your time for praying to ALLAH

    “admin:
    amiin, semoga surga menantinya dengan penuh rindu.

  47. wicky

    assalamu’alaikum….jazzakallah khairan , semoga Allah membalas dengan kebaikan, novel unik, yang mengharukan, inspiratif, menggugah hati-hati manusia-manusia yang sempurna yang terkadang lupa akan kematian yang merupakan hadiah terindah dalam hidup, hayyakallah ya bunayya, cinta Allah tak akan sirna untuk hamba-hambanya yang terkasih…keke….surga mungkin rindu pada mu…Amin…

    “admin:
    hiksss…jadi makin sedih…

  48. gua salut buat keke..
    semoga cerita kehidupan dya bisa jadi pedoman bagi anak remaja zaman sekarang ..
    semoga kamu bhagia disisi-Nya keke…

    “admin:
    amiin, jadi sedih lagi…

  49. nta

    bUku iNi ..
    n9eBuad aQ bLajaR aKn ma’na hduP .
    bUKU iNI ..
    iNdaH ..
    bUKu iNI heBad …

    kEKe ..
    aQ ban96a ..
    KEKe ..
    aQ iKud LarUd ..
    kEKe ..
    Qm heBad ..
    kEKe ..
    mKCih ..
    klRNa Qm daH n6jarIn aQ aRTi inDaH hiduP ..
    kRNa kSah mU ..
    mmbWad Qu b’juan6 ..
    kRNa Qm …
    aQ mn9ertI ..

    mKCIh ….

    Luph u ..

    “admin:
    panjanganyaaaaaaaaa… :lol:

  50. TRIZA

    sdh bgd ea ksh keke , mnrt try ch keke adlah sosok remaja yang bnyak mmbuat inspiratif bnyk orang khususnya remaja . keke mgjarkan kta smua akn sllu hrs bersyukr dngn keadan yg tlah kta mlki ckrg dan selu mnrma kadn yng tlah dbrkan tuhan untk kta smua ……
    so . jdi lnjtkan prjuangan keke untuk meraih masa depan dgn mudah …. tnpa hrus mrskan skit sprti ap yg d almi keke …..
    wt , shbt keke ….. loh , loh smua hebat bgd …… thanks dah ks inspiratif wt shbt2 lain agar sllu mnrma shbt ap adnya ….. mgjrkan arti shbat sejati …….

    “admin:
    betul betul betul…

  51. deNieQ

    hiks..hiks..hiks….
    ya Allah semoga keke d terima di sisi MU..
    amiieennn…

    “admin:
    amiin…

  52. iresz

    lebih baik beli bukunya. hhe
    saya sudah beli. jadi bisa dibaca berulag ulang..

    “admin:
    haduh haduh haduh… :lol:

  53. henza

    Sedih bngt ceritanya…gw ampe nangis2….well thankz a lot buat keke yg ud mengajarkan kita apa artinya hidup.salut bngt gw ama keke :( …..we knowz god lov u keke…keep smiling terus yah.gbu

    “admin:
    semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua…

  54. henza

    Cerita yang bagus dan mengharukan :( H????????????????????????????????Z?????z???:( sedih bngtttt,but gw salut bngt sama keke….we know god lov u,keep smiling keke.gbu

    “admin:
    hiksss…nangis lagi…

  55. Nia Rizky Primadani

    huaa sedihnyaa membaca novel ini,brsyukurlah kita dgn sgala kekurangan kita,krn pada dasarnya tiada yg sempurna di dunia ini.

    “admin:
    betul betul betul…

  56. neneng

    walaupun aku g prnah kenal siapa itu keke tapi aku bangga pernah baca novel ini n aku kagum bgt ma km keke…km punya berjuta semngat untuk hidup.sungguh aku kagum bgt m km.walaupun km udh di sna tp aku ykin km di sna bhgia krna km telah meninggalkan kebhgiaan pd org2 yg mengenal mu n menyayangimu

    “admin:
    aaaaaaaaaaaaaaaaaa…..nangis lagi…

  57. diean

    sumpah sedih bgt nie ceritanya……………….

    nggx snggup aq mnmpung air mta……………………

    “admin:
    iya sama…hiksss…

  58. Ariyo

    aku mw cari novel’y, baru dpt refrensi dr tmen..
    dmn bisa ku dapatkan novel’y ??

    udh baca yang diatas, cma bikin tmbah tmbah INGIN membacanya..

    “admin:
    kayaknya di gramedia ada deh…

  59. enda

    wktu q bca novel nya…..
    q…truss…nangis breng2…
    coalnya waktu q bca breng2ma sahabat q…
    q sempet byangin hidup..kya ka keke…
    mngkin q dah ga sngggup kli ya….

    ”mdah2an dsana ka2 bca hdp tenang and gembira”
    amien……

    “admin:
    amiin…

  60. subhi

    jempol banget nih novel .
    thanks banget ya ke .

    “admin:
    memang jempol…pol…pol…

  61. Alhamdulillah Alloh masih memberi kita kesempatan dan kenikmatan sehat, semoga kita tidak kufur ya….
    Sebuah kisah motivasi yang luar biasa, juga untuk penulisnya hebat! Dapat mengangkat kisah dan menuliskannya dengan indah.

    Kisah De’ Keke perlu kita teladani, bahwa kehendak Alloh haruslah kita terima dengan ikhlas. Anak kecil saja sanggup, mengapa kita tidak?

    Tapi ada maafnya, untuk yang masih kecil, jangan meniru pacaran dulu ya……. Belum saatnya. Untuk penulisnya juga. seharusnya disaring tuh tentang Keke yang masih kecil sudah punya kekasih, harusnya tidak dituliskan. Soalnya adekku baca protes. kenapa masih kecil pacaran? kagumnya jadi kurang neh.

    “admin:
    haduh, apakah bagian yang pacaran di sini didelete aja ya? :D

  62. Bagus banget novel ini…
    sangat mengharukan dan membanggakan…
    Haru karena perjuangan keluarga p. Jody yang amat sangat luar biasa demi seorang Keke (anaknya) begitu juga semangat & kesabaran Keke untuk kehidupannya dan sekitarnya…
    Bangga karena saat2 yang sangat kritis Keke masih semangat tuk memperjuangkan pendidikannya…

    T..O..P..

    “admin:
    memang top markotop deh…

  63. jeNy..

    gg nYanKa..aq biZa bayangint..kaLo aq jdi keke.
    mungkint akku gg akan stgar dia
    saLut buat keke…

    “admin:
    aku juga salut…

  64. diah desy

    crta_y bguzzzz bgd…. mpe trhru bca_y……. pko_Y Is the best….

    “admin:
    iya memang bagus banget…

  65. kang ujie

    sob, aq uda miliki n baca bukunya …
    kereeenn bangetz sob,….

    ciiippzzz

    “admin:
    ciippp…

  66. mentari

    wiih
    bener bener crita’y sedih bt dehh
    andai aku seperti itu…..
    tegar, dan pantang menyrah.

    “admin:
    selalu pantang menyerah…

  67. niedda choco

    sAlut bwAt kEke,,,,
    aq bca crita nya jha ampe nangizz,,,
    hiks hiks,,,

    pokok nya bagus bngd deh crita nya,,,,
    nilai eang bsa qta plajari di situ bnyak,,,
    mulai dari kesabaran,,,, sampe keikhlasan,,,,

    “admin:
    aku juga salut…

  68. huhuhu ..
    crita.a bagus bgt ,..
    gga sabar nunggu film.a …

    “admin:
    samaaa…

  69. endrik

    aq bngga sma keke yg tegar melawan kangker ganas yg iya derita …
    walaupun kangker itu yg prtama kali di indonesia dan blum ada obat’nya ….
    tp iya te”p brusaha untuk hdup dmi ayah”‘nya ……….
    so aq sdih bgt wktu bca bku’n ………
    air mta aq jtuh tnpa henti ….
    te”p tersenyum ^_^

    “admin:
    semangaaattt!

  70. avii apiie wlandarii

    oaLLa ..
    kak keke kesian banget ia ..
    aku uda beLi buku.a aku sampe nangis tau ,,
    sesudah aku baca sampe seLesai , aku promosiin ketemen2 aku tentang buku ini ,,
    maksud.a promosi itu aku suruh baca .
    eh, kata mereka sedih banget..
    teman,, kamu tau alamat rumah kak keke?
    aku boleh minta ga ??
    soal.a,, ak sama temen2 aku lagi buka2 internet buat tau alamat rumah kak keke ..
    soal.a kita terinspirasi banget ..
    kalo tau .. kamuu add aku di FB iia “avii apiie wlandarii”
    add aku iia .. macii..

    salam sahabat di bekasii

    “admin:
    salam…

  71. yundha na andry

    hmmhmhm sdih btull ni kisah

    “admin:
    hiksss…

  72. Tri Wulandari

    hmmmmmmmmmmmmmmmmmmm, kisah keke menyedihkan bngt…..aku sampai nangis baca bukunya…………
    tp, dr smw it trsmpan bnyak pljran yg bs qta ambil………………..
    sosok keke yg tangguh mengajarkan qta untuk kuat dlm menghadapi hidup ini………..

    “admin:
    mau nangis lagiiiii….

  73. niez,,, nieza

    azz….
    slut bgt ma perjuangan,a keke..
    siiiip dech novel.a
    ampe’2 baca .a jdi teharu…..

    “admin:
    ga sampe nangis ya? :lol:

  74. raista

    woow !!! sedih banget !! sampe nangis saya..
    pengen deh kenal sama sosok keke ataupun keluarganya yang selalu ada di sisinya
    dalam penyakitnya yang sangat besar itu ia mampu untuk memberi pelajaran kepada semua orang, tapi mengapa kita yang sehat tidak bisa lebih seperti dia ??
    aku ingin melihat foto’nya lebih banyak lagi deh untuk lebih mengenal sosok seorang keke yang selalu bisa membanggakan.

    “admin:
    kadang kita yang sehat malah ga bersyukur sama sekali, termasuk saya. hikss.
    coba searching aja untuk cari photo2nya.

  75. Verren

    keke……
    yang sabar yaaa
    smoga semua keluarga keke menerima dengan tabah

    “admin:
    amiin.

  76. faizah

    sedihh , T_T
    mau beli , tapi kira2 di gramedia masih ada gak yahh ??

    “admin:
    seharusnya sih masih ada, mba. :)

  77. beli novelnya dimana?
    sy di luar negri,klo ada link downloadnya tolong ya mas kirim ke email sy : temayong@gmail.com

    cerita ini luar biasa,sy ga sadar meneteskan airmata…
    buat keke…semoga amal perbuatannya di terima dsisi tuhan. :)

    “admin:
    haduh, maaf mas saya kurang tahu ada ebooknya atau ndak. coba aja hubungi penulisnya mas, kali aja bisa.

  78. Febi

    subhanallah, perjuangan keke yg membuat saya nangis.
    keep spirit,

    “admin:
    haduh, jadi sedih lagi nih…

  79. wahid

    semangat untuk keke . . . !!!!

    “admin:
    hosh! semangat!

  80. ulfa cah'na pattinson

    sedihhhh banget cerutanya,, ;(
    waktu tdi baca dikelas temen2 pda nanya knapa aku nangis,,
    ehh mreka malah ktawa wktu tau aku nangis gara2 baca novel ini,,
    hemm mereka belom tau aja gimana bagusnya novel ini,, :)
    buat keke smoga bisa diterima disisi allah,, :)

    “admin:
    amiin.

  81. veggie fhutrie

    ya ampun bner” perjuangan keke membuat tersentuh bnyk orng. di skolahan aq aja bnyk bgt yg beli novel ini.
    sungguh tersentuh bgt nie novell.

    “admin:
    betul betul betul…

  82. kiki cynk kmoe

    patut di contoh perjuanganx.

    “admin:
    sangat patut…

  83. farah dian safitrie putih perfect

    mengharukan banget bikin aku sakit dua kali…… sakit mata sama saki ati,…….

    “admin:
    haduh kok malah bikin sakit hati? kenapa? :lol:

  84. Mikko Chan

    Asli sedih bgt T________________________T
    Air mata aku ngk ada abisnya keluar.. HIks T.T

    “admin:
    haduh berlenya… -__-

  85. abuiii_chuchay

    setelah baca novel ini aku makin tau makna dari kehidupan dan kasuh sayang,walaupun aku ga kenal keke tapi kisah ini sudah cukup untuk ku mengenal keke

    “admin:
    aku kembali terharu…

  86. alika

    pokok,a novel ini mengharukan bgt….
    aku kagum banget ama kegigihan keke melawan kanker yang menggerogoti tubuh nya itu…
    moga ja keke tng di alam sana.

    “admin:
    amiin…

  87. byezuri

    salut buat keke…..
    Seorang anak yg kuat, sabar sangat menyayangi orang tua & sahabat2nya,

    Seorang yg rela melepaskan Cinta yg telah di miliki walaupun kenyataan nya dia masih ingin memiliki nya demi kebahagian Andi,

    Met Jalan Keke, Semoga Kau diterima Disisi ALLAH S.W.T

    “admin:
    amiin, semoga Allah mengabulkan doa ini.

  88. anggie

    gilaaa…crtAnya mengharukan bgd ch,,,
    Begitu tegar gadis seperti keke dalam menghadapi kankernya…
    aku salut bgd sm kisah perjuangannya ‘ntu..

    jd pengin nangis luh…

    “admin:
    duh, jadi pengin nangis lagi nih… :(

  89. ghina

    novel yang sangat menyedihkan dan mengharukan sekali. .

    “admin:
    i agree with you…

  90. rency

    ya tuhan keke
    semoga kamu d terima di sisi tuhan ya
    aku terharu banget baca ini :(

    “admin:
    amiin, semoga Allah mengabulkan…

  91. Dimas

    Baca novelnya aja udah sedih, apalagi liat filmnya…
    tarharu banget, anak yang kuat…

    “admin:
    belum tentu juga sih, kadang film agak melenceng dari novelnya…

  92. bella

    sngguh… diaa bnar” hbat
    dng kndisi ny yng bgtu..
    diaa msih bsa mlkukan hal” ync bisa mmbuat snyum pda orng lain…
    jrang ad orng sprti it..
    qw kguum bnget ma diaa….

    “admin:
    aku yakin kita semua kagum padanya…

  93. daffa fairuz salsabilla

    , ceritanya sangat mengharuh kan ,v dari sini kita bisa belajar dari seorang keke yang selalu tegar dan sabar dalam menghadapi cobaan dan yang terpenting kita harus mnsyukuri segala keadaan yang di berikan tuhan untuk kita . .
    ,dan sadar bahwa sesungguhnya tuhan itu maha adil untuk hambanya :)

    film.a cpet d tyangn ya,aku yakin film.a bakalan di terima baik oleh banyak masyarakat . .

    “admin:
    aku yakin masyarakat pasti banyak yang suka nantinya…

  94. igga khusnul hidayati

    met jalan ya mbak keke,,,
    walaupun aku belum pernah ktemu mbak keke,,, tapi aku udah sayang bgt ma mbak keke,,,
    smoga aja setelah novel ini,,, film nya juga cepet dikeluarin,,,
    dan aku berharap mbak keke diterima di sisi ALLAH SWT dgn. baik…..
    AMIN……..

    “admin:
    amiin, kapan ya film ini keluar?

  95. igga khusnul hidayati

    aku sedih bgt setelah baca novel kisah nya mbak keke ini,,,
    dan aku pengen banget bisa ketemu ma sahabat2 mbak keke,,, keluarga mbak keke,,, pak iyus,,, dan yg terakhir aku pengen ktemu ma mas andi…….

    kira-kira,,, skarang mereka tinggal dimana ya????
    masih di jakarta atau udah pindah????

    “admin:
    kurang tahu aku mba…

  96. benar2 cerita yg menyedihkan….

    “admin:
    sangadhh… :lol:

  97. setelah aq membaca smwa tntang keke,,

    aq sngat terharu,, dan nyadar dgan smwa cobaan tuhan terhdap kita…

    “admin:
    semoga hal ini selalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita…

  98. yayaz a5 dyah

    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    qw gk bza ngomong ap” klOw bca bukumoe ne,,
    smoga moe bhagia d alm sana,, keke…
    amin,,,’

    “admin:
    amiin, semoga doa2 kita terkabul…

  99. ak salut bgtzz ma keke, dy tbah mnjalanii cobaanNya..
    mga keke tnang d sna,..!!! :)

    “admin:
    amiin…

  100. maaf,boleh izin share gak?

    “admin:
    boleh banget mba, silakan. :)

  101. puteri

    sumpah,,
    gua salut banget sama keke dlm hadapi penyakit’a..
    walau akhir’a dy meninggal,,
    keke,smoga km tenang d sna y,,

    ”keke, you became my inspiration” :-(

    “admin:
    dan menjadi inspirasi banyak orang tentu saja. :)

  102. ika

    aq terharu bgt nich……… pingin nangis trs,,,,,,,,,,,,
    keke kuat bgt dlm hdpi penyakitx,,,,,,,
    moga keke tng d sna n dtmpatkan d tempat yg pling indah,,,,,,,,

    “admin:
    semoga doa kita ini terkabulkan, amiin.

  103. rsa-na gua pngen nangiz tyuz ne………………….

    “admin:
    awas nanti air matanya habis lho… :lol:

  104. nelasari

    “selamat jalan keke kisahmu akan terkenang sepanjang masa ,.,.,.,.”
    kami salut akan ketegaran hatimu ”
    ”we love you”

    “admin:
    kita semua mencintai keke. :)

  105. stiap w ingt crta ne,,,,
    w sllu nggis,ksihan keke pdahal dya masih kecil,,,
    smoga kmu tenang disana ke,,,
    doa ku sllu menyertaimu,,, ;>

    “admin:
    amiin, semoga doa ini terkabul.

  106. intania

    ga nyangka ko bisa yah kenapa harus gitta yang pertama dirasain. kasian :”(

    “admin:
    hikss, jadi sedih lagi. :(

  107. nisa'

    salutttttt,,,,
    hebat bnget qw ke. ..
    perjuangan mu contoh wat yang laen,,,^_^

    “admin:
    semoga semangat perjuangan ini melekat pada diri kita.

  108. lisa

    hmmmmmmmmmm…..sangat mNyentuh hati akan ktabahanYa, kebnYakan org jika mNdpt msBah sdik jaH dah mengeluH……harus_y ita bisa mengambil contoh yang baik pada diri keke..

    “admin:
    harus bisa, ada banyak contoh yang baik di sini. :)

  109. lisa Rahayu

    sangat mengharukan……… sebagian ceritanYa seprti pH.. yg q rsakan ,,, hdp dlm penuh tngisan…..

    “admin:
    be inspired…

  110. aku sekarang baru sadar bahwa hidup tu susah dan sangat menyentuh hati banget! waktu mau selesai aku nangis nih terharu banget kok
    boleh tau berapa harga novelnya? selamat jalan Keke semoga tuhan memberikan tempat yg baik amin.

    “admin:
    insyaAllah keke mendapatkan tempat yang terbaik.

  111. ya aku salut sama km keke selamat jalan keke

    “admin:
    selamat jalan, keke.

  112. hany

    cerita ni sdh bngt, ak bngga ma keke, andi, shbt2 keke, and ayah keke. Andi sngt setia trhdp keke, ayh ny sllu brusha untk mngobti pnykt keke, wlaupn akhr ny keke mninggal. Slmat jlan keke….untk admin, ak blh nnya gg? Sypa y nama lengkap andi?

    “admin:
    kurang tahu mba…

  113. irenne ayodya s

    .keke . . .
    .kamu emang hebat .
    .kamu bisa melawan penyakit yang sangat ganas itu

    .aku sangat bangga dengan mu
    .
    .selamat jalan keke . ..
    .

    “admin:
    walaupun penyakit ini jauh lebih kuat, tapi semangat keke tidak pernah pudar.

  114. bikin nangis! ampek jam 12 malam
    salut bwt keke! wlw cuma baca puisinya ja! q ngerti gimana perjuangannya!
    dlu aku juga punya teman yang sebelum meninggal sempet menulis surat

    keke itu anak baik! sampai sayangnya tuhan! sampai umur 15 sudah di panggil! pengen punya sahabat seperti dia

    “admin:
    semoga kisah ini tertanam dalam benak kita masing-masing.

  115. rahmah

    sedih bgt sich……….
    tapi saya bangga ma dia, krn dia berusaha untuk tegar menghadapi penyakit yg bgtu ganas nya.

    saya pengen semua org di dunia ni tegar menghdpi segala cobaan apapun amiiiiin

    “admin:
    amiin, segala cobaan apapun.

  116. edy siswoko

    keke ….
    Allah sangat sayang padamu
    smg kisahmu mjd inspirasi dan semangat bagi saudara2 kita yg sekarang lagi sakit. Allah yg menurunkan penyakit Allah jualah yang menurunkan obatnya

    “admin:
    Allah sangat menyayangi keke, insyaAllah.

  117. Dia Kasian Sekali
    Tapi Aku Sangat Bangga Dengan dia,,Karna Dia Mencoba Bertahan Hidup Dengan Rasa Yang Sangat Sakit Dan Aku Benar Benar Bangga Sekali Dia

    “admin:
    semoga ini bisa menjadi inspirasi dan sumber semangat bagi orang yang mengidap penyakit seperti ini.

  118. Aku Sangat Bangga Sekali Dengan Kamu Aku Sangat Sayang Dengan Kamu Tapi Hanya Jad Sahabat

    “admin:
    kita semua bangga dan sayang.

  119. Keke Aku Sangat…… Bangga Dengan Kamu Tapi Sayang Kita Tidak Bisa Bertemu
    Selamat Jalan Keke (Good Bye Keke)

    “admin:
    semoga ia membaca ini.

  120. harry

    aku sngat terharu dengan cerita mu keke,,,,,
    aq banga kepada mu……
    melawan pnyakit yg ganas itu…..

    aq berdoa,,,,
    selamat jalan keke….

    “admin:
    kita semua mendoakan keke.

  121. mana katanya tayang di layar lebar???
    udah nunggu niii

    “admin:
    sabaarrr…

  122. Ria Mangoensoerana

    Kisah ini benar-benar membuat saya sesak nafas karena sangat terharu, jadi merasa saya sangat cengeng dalam menghadapi hidup. Anak umur 13 tahun bisa begitu tabah sedangkan saya yang sehat kadang gampang menyerah. Semangat!!!!! buat para penderita kanker lainnya.

    “admin:
    semoga penyakit ini dapat segera ditemukan obatnya…

  123. sedih nieh… denger ceritanya…
    tapi malaikat penolong itu benar2 ada ya???

    “admin:
    kayaknya sih ada. :)

  124. cinder

    aku…
    tERhaRU…GaDIs seUsIA dIA
    Dapat MElaWan PeNYakiT gANas SE-DunIa

    “admin;
    penyakit ini sungguh tidak berperasaan. :(

  125. ayouuuuxs

    Aku hAnya ….
    biSa berdoa SemoGa dia BahAgia …..

    di SurGa……………..!aMIeEnN………………..

    “admin:
    selamanya, amiin.

  126. Tivani Rahma

    keke â¦. Allah sangat sayang padamu
    semoga kisahmu menjadi inspirasi dan semangat bagi saudara2 kita yang sekarang lagi sakit. Allah yang menurunkan penyakit Allah jualah yang menurunkan obatnya, keke anak yang baik. SALUT banget sama keke :)

    “admin:
    semoga penyakit ini tidak lagi memakan korban.

  127. dea

    wahh cerita nya seru bnget,, saking serunya air mata q tak henti2nya keluar,,, salut aq ma keke,,,,,

    “admin:
    wah banjir dong rumahnya… :lol:

  128. wulan

    buat Andi, dengan kasih sayang yang kamu kasih buat keke, kamu pasti bisa mendapatkan yang lebih baik dari dia
    buat keluarga dan teman-teman keke, kalian adalah orang yang beruntung karena pernah memiliki keke
    buat keke, kamu adalah sesosok perempuan yang tegar dan tangguh. ALLAH sayang terhadapmu.
    SEMOGA KALIAN DIPERTEMUKAN DI SURGA……
    AMIEN……..

    “admin:
    amiin…

  129. wulan

    @wulan
    deaciizea@ bener bnget to wulan,,keke adalah orang yang patut di cntoh ketegaran nya dan ketangguhan nya,, dan wat andi,, jgan pernah melupakan keke ya,, q yakin kalaupun keke masih hidup sampe saat nie ia pasti masih mencintiai mu, wat tmend2 keke,tetep setia dan mendoakan keke ia,, kalian ciri2 sahabat yang AMAZING,,,!! :)

    “admin:
    wuih, sahabatnya langsung turun tangan nih… :lol:

  130. eniiz

    sumpah bnerr” menguras air mata ..
    baru pertama kali ada buku ygg sangat menguras air mata …
    bwd keke,,
    qm adlh :
    Perempuan ygg sngat hebat …
    tetap tersnyum dggn k.adaan ygg mnyakittkan ….
    BWDD ORG” YGG MNCINTAI KEKE ,, Jgn pernah ngelupain keke ….

    “admin:
    semoga kita tidak akan pernah melupakan kisah ini.

    kisah ini Patuut utkk qtta CONTOH ……

  131. iwan

    baca novel ini klu g ada hiasan air mata g aka seru……..hik.hik.hik

    “admin:
    hehehehe biasa aja…

  132. iwan

    kapan novel ini di flim”kan Q kan pasti sllu menggu…..

    “admin:
    masih belum tahu nih mas…

  133. aq dah baca buku ini…subhanalah kisah ini sungguh luar biasa,,,inspirasi besar untuk hidup
    semoga keke tenang di alam sana…Tuhan,, engkau berikan hikmah yang luar biasa lwat hadirnya keke,,,terimlah dia disisiMu tuhan,,,perjuangan dan keilkhlasannya sungguh membuatku kagum padanya,,,

    “admin:
    amiin, semoga Tuhan mendengarkan doa kita semua.

  134. MogA Zemua oRang yNk d’tGglIn gK sDih lGi EA……………………..kEKE gW SaLut Ma LoE……………….

    “admin:
    duh alaynya… :lol:

  135. anggie natra

    salut banget , smpek nangis ak liat novel ini .
    andai ak jadi keke .
    hebat kmu seoarang gadis yg tetap kuat dan tegar dan gag mau nyerah
    dgn keadaan meski fonis kanker dan sgla hinaan , terinspirasi ak sm novel
    ini ak harus KUAT gag bleh nyerah dgn kekurangan ato keaadan apapun :)

    “admin:
    kuatlah selalu…

  136. yaampun sedih banget ceritanya kaya nonton vilm india deh jd terharu hehehehhe,…

    “admin:
    bedanya, ga ada penarinya mba. :lol:

  137. ceritanya sedihhh,,,,
    kaya nonton vilm india deh jadi terharu….
    inikan cerita nyata kasian banget sih si keke

    “admin:
    semoga bisa menginspirasimu setiap waktu.

  138. pHita_chimin

    huhuhuhu :’(
    aq mpe naNgisss ,moga pRjuangan i2 tag sia2 ,,,,
    moga mb keke mnDpat t4 yg baiq d si2 ALLAH SWT………………
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiien……………

    “admin:
    hikss, jadi sedih lagi… :(

  139. smoga keke yg da di alam sana bhagia ,,,,,
    amiiiiiiieennn

    “admin:
    dan bisa tersenyum melihat kita bahagia…

  140. paradisa

    saya doakan semoga tak da lagi korban………

    “admin:
    semoga penyakit ini bisa selalu diobati.

  141. DF

    ternyata hidup ini sangat berarti. T.T

    “admin:
    berarti dan patut disyukuri sepanjang waktu.

  142. Risa

    salut dengan ketabahan keke :(

    “admin:
    dan juga kagum…

  143. ulfah

    Dih bngEttt……
    mata adaLah oRgan tUbuh yg pLing brHarga….
    bEcose…tnPa mata kTTa ta bSa mLhat indah’Y dUniaa….
    sEmogga kEKE bhaGiaa di tMpat sNa/….

    “admin:
    semoga semangat keke menjadi bagian dari semangat kita.

  144. nanan

    belum baca seutuhnya siy,,
    tapi udah denger dari temen” ..
    bagus bgd..
    semoga semangat keke selalu ada dalam diri kita semua….
    amin.

    “admin:
    semoga kisah ini selalu menjadi inspirasi bagi kita.

  145. rama

    Assalamualaikum..
    Sungguh cerita yg penuh makna penuh arti.. Semoga dengan tulisan ini bisa menjadi amal jariah dari saudari keke.. Memberikan inspirasi semua orang agar selalu semangat..

    “admin:
    wa’alaikumsalam. amiin.

  146. hamba allah

    semoga aja dengan saran keke untuk kita semua ………
    bisa kita jalan kan ………
    semoga semua kebaiakan keke bisa di balas dengan sang pemcipta ……..
    semoga aja keke bahagia selalu ………….

    “admin:
    amiin…

  147. tuklik

    keke bgtu brat cobaan kamu …….
    tetapi kamu tegar menghadapi cobaan itu ……..

    kamu emang pantees untuk mndapat sanjungan dari semua orang …..

    semoga aja kamu bisa tersenyum kembali di sana ……………..

    “admin:
    semoga arwahnya diterima di sisi-Nya. amiin.

  148. ddd

    sesungguhnya aku juga ingin membuat novel seperti ini….
    tetapi setelah membaca ini saya tau bahwa sangat indah bila memiliki ayah yang mencintai kita dengan sepenuh hatinya….

    “admin:
    ayo mba, ndang dibuat novelnya…

  149. afnita

    merinding w baca’a … terharu …

    “admin:
    masa merinding sih? :lol:

  150. disty

    keren bngt novelnya. kapan terbitnya??
    n buat keke selamat jalan. semoga kau tenang di alam sna. amiin

    “admin:
    coba klik sumber aslinya langsung aja mba, informasi yang njenengan butuhkan ada di situ.

  151. Danes Eki Ariani

    keren…. lom baca bukunya aja dah mneteskan air mata…..
    andai kekuatan hatiku setegar gadis itu,…..
    tapi kuta bisa menempatkan diri seperti dia,….
    kau slalu d sayangi TUHAN,… kau slalu akan di pelukan hangat TUHAN….

    “admin:
    amiin…

  152. dani

    terenyuh mbaca cerita ini :’)

    “admin:
    sama, aku juga trenyuh…nangis malah…

  153. asih

    cerita ini membuatku sadar bawah kita harus tetep bersyukur walau apapun terjadi pada diri kita….pada keke perjuangan sampai ajal memanggilmu telah banyak membuat orang sadar, semoga kamu tenang di sisi-NYA…

    “admin:
    oleh karena itu, marilah kita senantiasa bersyukur… :)

  154. aditya

    yampun smpe sgtunya y..
    aku jadi sadar kalau hdup ni berarti bgt sedih bgt sie
    bwat keke thanks bgt y ..
    mga km dtrima disisi allah
    amin amin amin amin amin amin

    “admin:
    amiin…

  155. aditya

    kau mnjadi inspirasi ku..

    “admin:
    juga menjadi inspirasi kita semua…

  156. gilang timiki ozawa

    yang semangat yy……..
    hari ini gg akan seburuk hari esok
    good luck………

    “admin:
    amiin.

  157. gilang timiki ozawa

    @disty
    bener banget…
    d’tunggu yy film yy……….

    “admin:
    emm, kapan ya?

  158. ucy

    hemmm…………..
    kshn ea hdp na keke………
    q slut ma ya krna dya sbr untk mnghdpi cobaan tu………………..

    “admin:
    kita semua salut… :)

  159. anton

    Ya ALLAH terima kasih masih ada nafas yg segar di tenggorokan Ku
    Tiada pernah yg ada yg menyadari bahwa nafas yg ku hirup adalah kuasa MU ya ALLAH.
    Allhamdulillah….Alhamdulillah….Alhamdulillah…….
    KU Syukuri semua…..Terima Kasih ya allah….Terima Kasih.

    “admin:
    alhamdulillah, mari kita senantiasa bersyukur pada Allah.

  160. Rara Rahmadhani

    terima kasih ya ALLAH , telah kau berikan nafas padaku hingga detik ini , kau berikan padaku orang tua lengkap yg sangattttt menyayangiku ………. aku percya pada KEAJAIBAN.MU ya ALLAH …… I LOVE AYAH DAN BUNDA < I LOVE YOU ALLAH …….. :)
    SALUT n KAGUM ama GITA SESA WANDA CANTIKA / KEKE ……… , terharu bngt abis baca buku.ny ……..

    “admin:
    terharu lagi… :(

  161. yoana

    sdh bgd…………..

    “admin:
    sangad sedih…:

  162. dajip

    selamat jalan keke ..semoga kau tenang bersamannya …amieenn ,,,,

    “admin:
    amiin, semoga Allah mengabulkan doa dari masing2 kita…

  163. xion

    sdih bnget….pnuh haru…
    salut buat keke dan keluarga srta tman2.a ,trutama bapaknya….

    “admin:
    semoga ayahnya selalu diberikan kekuatan jika teringat hal ini…

  164. novia

    subhanallah….
    mataku jadi sembab, sehabis baca ini !
    moga aja keluarganya di beri ketabahan….
    aku bangga dengan sosok Keke, dia ceria dan sabar dalam menghadapi cobaan yang besar…
    dia patut menjadi panutan semua orang…
    “terima kasih Keke telah mengingatkanku untuk tetap bersyukur kepada sang pencipta”

    “admin:
    kita semua yang ingin memiliki mental baja harus bisa mengambil hikmah dari kisah ini…

  165. Annisa

    Gak ad kata2 lg buat mu KE’, KEKE kamu the best best best, wlwpun skrng kmu dh gk didunia ini lg, aku ykn, kamu telah berada disampingNya, dtemani dg malaikat cAntik itU yg memberikanmu bunga Melati, n’ trSenyum kpd kami yg bljr dr kisah mu,.
    n’ kta’a Film’a mau d’tyangin d’bioskop tgl 07-07-2011 loh.

    “admin:
    waahhh, filmnya udah hampir tayang yah? ga sabar…

  166. Annisa

    Keke, hr ini ulang tahun aku yg ke 16, slah satu pRmoHoNan ku dhari ini adl smOga engkau mNdptkn tmpat trbAik dsisiNya, n’ bnyk Orang yg SADAR akan keteguhan n’ kesaBaran dirimu. Slamat jalan, saudariku trcinta:)

    “admin:
    amiin, semoga doamu terkabul ya… :)

  167. cintya

    bneran bgus bgt critanya,,,
    smpe’2 bikin terharu….
    hikz…hikz…hikz… :’(

    “admin:
    jangan sedih lagi ya, kan filmnya hampir tayang… :lol:

  168. alnia

    banyak pelajaran yang bisa diteladanin dari keke…
    ceritanya juga bagus…

    “admin:
    betul betul betul… :)

  169. yeny

    hmmm,,,,
    trharu btul,,kgum dga sosok sang keke yang bnar” tabah,,hebat,,

    “admin:
    aku yakin, kita semua yang ada di sini kagum dengan sosok keke…

  170. octa

    tlg bagi yang punya alamat rumah keluarganya dan lokasi makamnya.
    saya yang berhati batu saja sampai meneteskan air mata.

    “admin:
    wah aku kurang tahu mba…

  171. Fadilla Qatrunsalwa

    sedih ceritanya..

    “admin:
    sedih banget… :(

  172. bram love dinda

    that post make me moved, but thats so cool :’)

    “admin:
    wow keren… :lol:

  173. kasihan juga keke Moga Tenang di alam sana Keke

    “admin:
    amiin, insyaAllah.

  174. @Bastian

    Bastian :
    kasihan juga keke Moga Tenang di alam sana Keke

    God Like Perjuangan Keke

  175. alief

    secara tidak langsung memberi arti dalam hidup setiap orang yang membaca kisahnya,,,mengubah cara pandangan seseorang dalm hidup,,,menjadikan seseorang sadar untuk menjadi kakak yang baik, sahabat yang baik, kekasih yang baik, dan ayah yang tabah

    “admin:
    betul betul betul… *gaya ipin-upin

  176. hyda,,,

    hemm,,,,crta nui mmbwat hti ku tergugah,,,masya allh,,,bgtu kuatnya si keke
    dia bgtu teguh mnghdpi cobaanya,,,,,
    nmun apalah daya mngkin ni yang trbaek watnya,,,,
    smga dia dtrma di sisi allh dan di tmpatkan di tmpat yang layak,,,amin,,,
    ehmmm,,,kra2 da gk yaaa,,,yang bca crta nui gk sdh?????
    wat pnrbit ada crta agy gk?????
    kapn???ktnya mw di tayangin crtnya keke di tv????atau di bioskop???

    “admin:
    kayaknya kecil kemungkinannya setelah baca cerita ini trus ga sedih, orang temenku aja abis baca ini langsung beli novelnya kok, trus aku dijitak gitu karena dia kesel aku udah bikin dia penasaran. :lol:
    kayaknya nontonnya di bioskop dulu deh, baru dibuat serialnya…

  177. moga aza keke diterima disisi Allah swt amin. . . . . . . . . . . .

    “admin:
    amiin…begitu juga doaku…

  178. imam

    gue termasuk orang yg susah buat nangis , tapi itu sirna pas gue baca novel surat kecil untuk tuhan ini . gue salut ma perjuangan si keke ” she is the best girl ” . itu harus jadi tauladan buat kita dan semoga dia di terima di sisi yg mulia di hadapan Allah SWT. amiin :’)

    “admin:
    aku yakin kita semua di sini salut dengan perjuangan keke…amin, semoga dia diterima oleh Allah SWT.

  179. anam

    aslm,,,,w dah baca novelnya,,,tapi kemaren rencana peluncuran filemnya w tunggu-tunggu kuk gak ada,,,kemaren tanggal 15 maret kan rencana peluncuranya??udah ada lum yang punya copy nya???
    tolong dunk kirim k email w yach sobat,,,,

    from,,,shabat keke

    “admin:
    wahh emang udah peluncuran ya? aku kok belum mendengar promosi filmnya… haduh mau nunggu bajakannya ya, mas? :lol:

  180. anam

    semoga sahabat kita,,,,keke bisa di terima semua amal baiknya disisi Allah yang maha kuasa…
    aminnnnnnnnnnnnn

    “admin:
    amiin…kita semua mendoakan yang baik untuk keke.

  181. anam

    @yeny
    yeny,,,,udah liyat filemnya belom?

    “admin:
    waahh udah keluar ya filmnya?

  182. bendol baztendtd

    kisah nya menyentuh buangetdt ye.?

    “admin:
    benar, menyentuh banget…

  183. niken

    sumpah, guw terharu bgdd..
    gak bisa nahan air mata guw ,
    salut bgd sama keke,

    “admin:
    haduh mulai berle nih… :lol:

  184. niken

    sumpah, guw terharu bgdd..
    gak bisa nahan air mata guw ,
    salut bgd sama keke,
    jd pgn cepet-cepet nnton film’a !!
    siap2 dh bawa tissu yg bnyk .

    “admin:
    haduh jangan buang2 tisu ya…nanti ilegal logging meningkat… :lol:

  185. niken

    jujur w orang yang males banget baca novel…tapi .setelah baca novel ini w merasa sedih banget coz baca kisah nya bikin w pgn cepet_cepet nonton film nya…

    “admin:
    sama, aku juga sedih banget… :lol:

  186. setiap saya mau beli buku ini, pasti kehabisan ==” saking bagusnya buku ini…

    “admin:
    hah masa sih mba? kasihan banget… :lol:

  187. bagoes

    semoga aku kuat dan bisa bertahan,, amien,, wat keke,, damailah bersama nya di surga

    “admin:
    amiin, semoga kisah ini bisa abadi dalam diri kita dan senantiasa menjadi penyemangat kita dalam menjalani hidup ini.

  188. alifa rahma

    nih novel bikin aku menjatuhkan seribu air mata

    “admin:
    berlenyaaa… :lol:

  189. alifa rahma

    filmnya cepet-cepet tayangin dong, baru baca novelnya aja udah nangis, apalagi nontonnya .cepet yaaa, aku penasaran .
    keke, engkau membuat hidupku menjadi lebih berarti dan mengerti arti hidup yang sesungguhnya .semoga engkau tenang di alam sana :)

    “admin:
    kadang filmnya malah ga sejalan dengan novelnya loh mba, ini yang sering terjadi saat novel mencoba untuk dinovelkan. siap2 aja untuk kecewa, selain untuk menangis lagi tentu saja. hehehehe

  190. rifqa

    ada yang tau tempat makamnya keke???

    “admin:
    aku kurang tahu mba.

  191. rifqa

    bener… gua salut banget sama keke
    setelah baca novelnya gue nangis….
    ya allah… semoga kau menempatkan keke di tempat yang cocok dan nyaman untuknya….

    “admin:
    amiin…kita semua mendoakan yang terbaik untuknya.

  192. Gracye

    PerJuangan yg hebaT N buaT Q saLuT………..!! KeTegaran yg mengharukan…..

    “admin:
    tetapi juga menginspirasi…

  193. claser

    semoga kemuliaan kan datang selalu di htie kita’tuk megenang dia.

    “admin:
    amiin, semoga hati kita senantiasa tabah dan tegar seperti hati keke.

  194. Ichan

    peh, nii bner” bagus gan,,
    ane dah bca novelnya..

    mantep dah.. di tunggu pelemnya.

    “admin:
    mari kita tunggu pilemnya…

  195. khazenatul qadri

    ceritanya mengharukan sekali sampai sampai ane nangis loh
    sungguh mengharukan sekali ceritanya.smpai smpai ane mengingatkan tmn ane yg dulu jg sempat meninggal gara gara penyakit kanker yg mengerikan.
    hu hu hu hu hu……………………………..

    “admin:
    sudah sudah, jangan menangis terus ya. :D

  196. ade

    ceritanya sedih bgt ya we ja sampa terharu

    “admin:
    iya, menyedihkan. banyak yang dibuatnya menangis.

  197. ade

    wetgu pilem ya pasti seru bgtttttttttttttt

    “admin:
    filmnya bentar lagi tayang. :D

  198. sandi

    saya sudah berkali kali baca novel ini dan tidak ada rasa bosan untuk membacanya lagi n lagi
    saya kagum dengen pak joddy n si penari kecil.

    “admin:
    ceritanya memang bagusss, ya? :D

  199. Linda Ia

    @diYani
    Ya Tuhan……………….

  200. mutia

    saya sudah pernah baca novelnya dan sepanjang saya membacanya air mata saya terus terurai,,,,,,, pokoknya sedih banget deh,,,,,,,, n juara buat keke yang teguh banget!!!!1

    âadmin:
    masih menangis, mba? *kasih tisu*

  201. mutia

    saya sudah pernah baca novelnya dan sepanjang saya membacanya air mata saya terus terurai,,,,,,, pokoknya sedih banget deh,,,,,,,, n juara buat keke yang teguh banget!!!!

    “admin:
    masih menangis, mba? *kasih tisu*

  202. MIRA

    Sumpah keren bgt kisahnya…
    aq jha bca novelnya smpe nangis..
    pha lgii klo liat filmnya..
    jdii pngen cpet nonton niih..
    N salut bwat prjuangan KEKE N Ayahny..

    “admin:
    biasanya novel kalau difilmkan, masih bagus novelnya. kita lihat saja besok filmnya seperti apa. :D

  203. yuniarti

    LIKE :) .. 100000000X lahh ..hehe

    “admin:
    ga sekalian 1 milyar kali? kurang nol satu itu. :lol:

  204. Ya Rabb, Engkau perlihatkan tanda-tanda kebesaran-Mu pada semua..
    Engkau tunjuk Keke sebagai tauladan buat semua insan..
    Keteguhan, kebesaran, serta ketegaran jiwa untuk menatapi takdirnya dengan penuh optimis dan rasa syukur kepada Engkau..
    Sosok yang Engkau perlihatkan pada kami semua tentang makna dan hakikat hidup dalam serangkaian perjuangan mempertahankannya..

    Terima kasih Ya Allah SWT atas semua karunia-Mu…
    Berikan tempat terbaik bagi insan mulia ini..
    Berikan naungan yang baik bagi Keke di pangkuan-Mu..

    Amiin….

    “admin:
    aamiin.. :)

  205. n_@jah

    duh.,., cerita’y mengharukan bgt., aq dah baca bku’y.,.,.
    bku’y aj dah bkin aq nangis,.,. mudah2an aj film’y jg bagus,.,.

    “admin:
    kita tunggu saja penayangan filmnya. :)

  206. Anggit

    nah,skrng kta sadar bahwa keke aja bsa menjalani hdpnya dgn happy dan tdk pernah mengeluh apalagi keke di temani sma penyakitnya yg ganas
    skrng kta hrs sadar klu kta hrs tetap tegar untuk menghadapi smua cobaan

    “admin:
    yup, tegar dan selalu semangat. :D

  207. fafa

    ya allah……
    aku b’syukur bgt.. krna tlah engkau brkan ksehatan yang tk kuarang sdkit pun…..

    “admin:
    alhamdulillah aku juga sehat wal’afiat. alhamdulillah.

  208. witha

    sumpah baca novelnya ampe nngis , terharu bgt sma true storynya

    “admin:
    filmnya sebentar lagi tayang lho.

  209. vita

    subhanallah….
    salut ama perjuangan keke.
    Allah pasti sayaang banget ma keke.
    Semoga keke bahagai di surga :)
    AMIIN

    “admin:
    semoga dia mendapat terbaik di sisi-Nya.

  210. vita

    @witha
    beli novelnya uda pada abis stoknya…
    belum baca deh

    “admin:
    pinjam saja ke teman, mba. hahaha. :D

  211. hera

    q baca crita nich mmbuat air mata q sedih……………

    “admin:
    jangan menangis terus, ya.. :lol:

  212. hera

    q ikut sedih dengan crita ini ……
    critax menyentuch,,,,,, q sadah bahwa perjuangan itu sangat d butuhkan

    “admin:
    mari berjuang dalam menghadapi berbagai masalah di depan kita.

  213. vrita

    sumpah gua jadi semangat hidup pas baca buku ini , sampe nangis kejer :( buat keke ceritanya jadi semangat and inspiransi buat semua oraang :)

    “admin:
    keke memang luar biasa. inspiring people. :D

  214. obie

    aku suka banget pas baca novel ini, penuh inspirasi akan perjuangan untuk hidup ..
    :)
    tapi, kisahnya masih buat aku penasaran. kira-kira dimana temen-temennya keke, dan andi juga.

    “admin:
    mungkin mereka sekarang sudah asyik dengan kehidupan mereka masing-masing. :)

  215. alifa rahma

    @alifa rahma
    barle apaan dah ?

    “admin:
    berle maksudnya? singkatan dari berlebihan. :lol:

  216. Ratih

    Cerita yang amat indeh, patut dikenang
    Berkali2 baca novel ini, berkali-kali jiga saya menangis terharu, betapa tabahnya Keke menghadapi cobaan ini

    “admin:
    sudah sudah, jangan menangis terus-terusan, ya. :D

  217. Asslam,.
    Makasih buat crita’a. bagus bgt, ngajarin buat berjuang untuk hidup..
    ngajarin banyak hal buat saya pribadi..

    “admin:
    wa’alaikumsalam. aku juga dapat cerita ini dari orang lain, mba. hanya mempostingnya kembali di sini.

  218. ROcky Wai Antonius Witarsa

    hmmm … hari nie baru selesai baca novel na …

    sumpah bagus banget …

    nunggu sampai film na keluar …

    buat orang2 diluar sana yang mengalami penyakit yang sulit untuk sembuh gw harap setelah baca buku ini bisa dapat kekuatan dan semangan dari GITA SESA WANDA CANTIKA …

    “admin:
    film tayang 7 juli 2011 katanya. selamat menonton! :D

  219. ahy asep

    nangizzzz!!!

    aer mataa gaq berentiii ngaaaaliirrrr !!!

    andaikan w punya sahabat seperti yang dimiliki keke,

    w penderita kanker darah stadium 1

    “admin:
    semoga cepat sembuh, ya. selalu semangat dan pantang menyerah! :D

  220. ahy asep

    @ahy asep
    ne no hp w yang mau jadi sahabat w,,08982233519

    “admin:
    sudahkah mendapat sahabat yang kau inginkan? mungkin banyak sahabat di dekatmu yang perhatian, tapi kau hanya kurang menyadari kehadiran mereka. :)

  221. eis

    ihhh sdih bngt critanya,
    pkoknya smua jngn lpa nnton film’a di bioskop yeaa,,
    tgl 07-07-2011,
    okehhh,,!!

    “admin:
    pingin nonton sih, tapi ada yang mau nraktir nonton ga, ya? :lol:

  222. ayu

    Cerita nya nyedihin b9d…………..
    Q p9n… b9d punya sahabat kayak Keke…………….
    Kapan film nYa T ayang………….???!!

    “admin:
    tayang 7 juli 2011, mba.
    sumber info: id.wikipedia.org/wiki/Surat_Kecil_Untuk_Tuhan_(film)

  223. udah baca bukunya gan……. wihhhhh ampe nangis wa bacanya……..

    “admin:
    memang kisah yang menyedihkan.

  224. nindy

    salut tuk keke, kita tunggu untuk bisa difilmkan krn pesan amanatnya memiliki jiwa besar untuk menerima rencana Tuhan.untuk keke selamat jalan.dan pasti jalan itu kesurga.motivasi yang keke sampaikan menjadi spirit untuk kami semua untuk lebih bersyukur.

    “admin:
    nikmat sehat dan nikmat lainnya harus selalu kita syukuri. :)

  225. love peace icha

    q salut bgt ama prjuanganx yg gak ada abiz”x
    smp akhir hyat x pun dia ttp trsxuum
    itu lah yg mnjdikan motivasi buat styap org yg ngebacanya………………………….
    SELAMAT JALAN BUAT KEKE

    “admin:
    semoga dia diterima di tempat terbaik di sisi-Nya.

  226. DEWI

    saluut buat kak keke
    met jalan yah
    mga di trima di sisi tuhan
    AMIIIIIIIIIIN………………….

    “admin:
    aamiin..

  227. Intan

    sedihh bangettddd.. :( (9
    salutt Tukk keke, Untukk keke selamat jalan semoga slalu di sisi allah…

    “admin:
    aamiin..

  228. Intan

    sedihh bangetdd

    “admin:
    iya, sampai banyak yang menangis.

  229. raihan alfarisi

    aduh…. sedih banget ceritanya

    “admin:
    iya, banyak pembaca yang dibuatnya menangis.

  230. arca

    ini bener2 ngingetin gua ama saudara yang paling gua sayang….
    dya juga salah satu penderita kanker….
    setelah gua baca buku ini gua jd keinget ma dya,,,,,:’(

    “admin:
    semoga saudaramu segera sembuh, ya. :(

  231. immhaituhyfaslamanyaakanjomlohslallu

    ini cerita sedih amat,,smpai2 aq nga nyadar nyeluarin air mata…
    keke,,,,kw ptut jd cntoh bwt smw orank,,,,,,,,,,

    “admin:
    sudah ya mba, jangan menangis lagi. :D

  232. Hardi

    ceritanya meginspirasikan hidup…..salut….salut…salut

    “admin:
    iya, ceritanya bagus. keke luar biasa. :)

  233. raihan alfarisi

    ini ceritanya sangat sedih…….

    “admin:
    ceritanya sedih, tapi banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya. :)

  234. bagus nie film nya dikit lagi tayang di bioskop…

    “admin:
    iya, katanya tayang 7 juli 2011. :D

  235. goood

    “admin:
    betul betul betul. :D

  236. iyeth

    beber2 kisah yang sangad inspiratif & mengharukan.
    salud buat Alm. yang senantiasa sabar & tegar hingga akhir hidup’y…:)

    “admin:
    mari kita teladani kesabaran dan ketegaran keke. :D

  237. Hendri

    Keren
    membuat hati kita tebuka akan adanya Semangat baru

    “admin:
    semangat dan ketabahannya luar biasa. :)

  238. farah ainun

    menyedihkan:’)
    ak tunggu film nya yaa:D

    “admin:
    film rilis 7 juli 2011, mba.
    sumber info: http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Kecil_Untuk_Tuhan_(film)

  239. sssssssssssssssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeedddddddddddiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhh bbbanggggggggeeeeeeeeeeeeeeeettt

    “admin:
    wah, sedihnya banget-banget nget ya? jangan menangis terus, ya. :)

  240. agata

    gila!! keke itu hebat :’) jadi sediih

    “admin:
    dia adalah anak yang luar biasa. mari kita contoh ketabahannya dalam menghadapi masalah. :)

  241. ariel

    udah baca novel nya sedih gt ya………

    “admin:
    pasti sambil nangis-nangis ya bacanya? hehehe. :P

  242. ainun

    @icha
    keke memang orang yg patut kita contohi , krena ia adalah seorang yang kuat dan tabah dalam melawan penyakit yg sangat menyedihkan … T__T

    “admin:
    benar, dia luar biasa. sebesar apapun masalah yang kita hadapi, kita harus berusaha kuat dan tabah.

  243. ainun

    ooh iya ..??
    filmnya kpan d.putar di bioskop ??

    “admin:
    katanya sih filmnya mulai diputar 7 juli 2011.
    sumber info: http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Kecil_Untuk_Tuhan_(film)

  244. hanafi

    SURAT KECIL UNTUK TUHAN MULAI DIPUTAR TAGL 7 JULI 2011.
    SILAHKAN MENONTON DIBIOSKOP KE SAYANGAN ANDA

    “admin:
    selamat menonton. :)

  245. nanda nurmala

    aku udah baca bukunya. sedih banget.
    mau cepet-cepet nonton film nya.

    “admin:
    katanya filmnya ditayangkan 7 juli 2011, mba.
    sumber info: http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Kecil_Untuk_Tuhan_(film)

  246. aku udd bca novel.a …

    crita.a sedih bgt yahh.. sampai” aku mengeluarkan air mta ….
    hhmmmm m m…
    jd pngen cpet” nonton filem.a…

    “admin:
    sudah banyak pembaca yang dibuatnya menangis. untuk filmnya, nantikan penayangannya pada 7 juli 2011. :)

  247. ryan sniper's

    qu dh bca novel.y… sedih bgt dan mengharukan, inspiratif n layak di baca siapapun… qu terinspirasi N termotivasi dg perjuangan keke… mkasih yah ke, dh bkin smangat,brjuang dan tidak mudah menyerah iklas jalani hidup ini…. semoga keke selalu BAHAGIA DISANA…

    “admin:
    semoga anda juga lebih bersemangat dalam menjalani hidup ini, ya. :)

  248. ryan sniper's

    qu dh bca novel.y⦠sedih bgt dan mengharukan, inspiratif n layak di baca siapapun⦠qu terinspirasi N termotivasi dg perjuangan keke⦠mkasih yah ke, dh bkin smangat,brjuang dan tidak mudah menyerah iklas jalani hidup iniâ¦. semoga keke selalu BAHAGIA DISANAâ¦

    âadmin:
    semoga anda juga lebih bersemangat dalam menjalani hidup ini, ya. :)

  249. hmmm m m…
    aku salut am keke, yg msi bisa bertahan dlm k.ada.n kea gth..
    semoga keke, sllu d.sisis allah swt.. amiennn….:)

    slamat jln sob ..

    “admin:
    semoga dia mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

  250. rowman

    ni kisah bikin kita sadar bahwa hidup harus penuh kesabaran,jadang nyata kadang juga samar maka dari itu buat kalian semua pelajari dari kisah ini jangan cuma di baca ja,w yakin keke udeh dapet tempat yang indah di sisinya….

    “admin:
    kisah keke memang menawan hati banyak orang, ya.. :)

  251. maulani

    huhuhuhuhuhuhu………..

    sedih banget …..,,,

    “admin:
    sudah, sudah. jangan menangis terus, ya.. :)

  252. hamzah

    mkasi yah aku jga samo mkokk sma kamu ,..
    tpi sdh liat blog kmu aku jdi semangat lagi untuk jalani hidup ini ..

    mkasi yahh ..
    mkasi banyak ..

    “admin:
    lagi sakit juga ya? semoga cepet sembuh, ya. tetep semangaaat! :)

  253. atoel

    aq…. merasa sedih…. mengapa q belum bisa setegar keke……??? dan mengapa keke bisa setegar itu……! oh tuhan kau maha kuasa…… kau maha adil…..

  254. dwie

    ijin share ya om…
    bagus bangad :’)

  255. Detha

    Banyak pelajaran hidup yg dapat deta ambil dari cerita keke…salut deta buat keke semoga kamu bahagia disurga..amien ya Rabb..

  256. iza

    salut ndengan perjuangan keke dlm menjalani hidupnya, semoga keke ditempatkan oleh ALLAH dalam tempat terbaiknya, Amin

  257. gina

    ak salut sama perjuangannya ..
    s’org pelajar yg tidak mudah putus asa ..
    huhu air mataku habis…

  258. fanny amelia

    aku jg prnh merasakan bagaimana rasanya kehilangan saat2 remaja yg sdg dinikamati hrs hilang karna penyakit yg kronis membuat kt tdk berdaya,dan merasa menjadi anak yg tdk beruntung dg anak remaja yg lainnya,tp aku yakin tuhan tdk akan memberikan cobaan dr kemampuan umatny,
    saat aku d vonis menderita lupus serebral di umrku yg beranjak 17th,,,miris rasanya hrs kehilangan masa remajaku,aku jg prnh merasakan bagaimana rasanya kehilangan saat2 remaja yg sdg dinikamati hrs hilang karna penyakit yg kronis membu

  259. Dedy wise Irawan

    semoga temanku yg menderita penyakit leukimia, dapat sekuat dia.. ^_^

  260. qonita

    ru baca sedikit jhe dah bikin nangis.
    keren pokoknya
    wanita yg sangat kuat :)
    salut untuk dia

  261. ratih aulia

    menyentuh hati :)

  262. baru sedikit air mata sdah trun bshi wjah saya.
    tpi, sunggunh mengharukan.
    smoga amal mu d trimah d sisi.y

  263. kiki

    baru baca sinofsi… uda nangis gimna kau liat filmx??????????????

  264. Lativa

    Hiks..hiks…p@sti temen2 qW dan qw t3ntuny4 b4kal n@n9is trus, huhu…aku harus bawa tisu, 5apuTanGan,bahkan h4nduK, buat ngelap Airmata t3man2, kisahnya bikin: hiks2…aku jadi kepengen Puny4 s@habat kAYak Keke……moga Keke disayang allah..

  265. Lativa

    Aku jadi kepengen punya kakak,perempuan, tapi yang kayak Keke, dia itu sabar, pantang menyerah, hatinya tulus, dan selalu bersyukur kpada Allah. Aku malu banget, aku yang sehat, malah menyia-nyiakan kesmpatan itu, namun saat aku sakit aku malah menyesali semua yang tak perlu di sesali.., Keke.., walau kau tlah tiada, kau tetaplah malaikat, malaikat di hati masyarakat Indonesia.

  266. fanney

    aku sedih bgt sama critana , nyentuh bgt . critanya juga bagus bgt .
    moga keke di beri tempat yang indah disana .

  267. keke hebat banget
    2 jempol buat keke

  268. ike adi setya

    bener2 cerita yg menguras air mata

    sangat menyentuh

  269. Ari Hatanti

    Jangan lewatkan nonton SKUT besuk Kamis tanggal 7 Juli 2011, semua bioskop di seluruh Indonesia . Keke!!!!!!!!

  270. arengga

    gua salut buat keke
    gua ni nagis bener :’(

  271. ayyunda asyiva

    ya Allah ceritanya bagus banget,,
    semangat buat teman-teman yang kena penyakit yang sama kayak keke :’)
    semoga keke mendapatkan tempat yang nyaman disisi allah swt amiiiin ya allah
    We love you keke <3 <3

  272. ayyunda asyiva

    Gak sabar mau lihat filmnya di bioskop,,
    harus nonton pertamaaaa !!
    gak boleh sampe kehabisan tiket nonton,
    baca novelnya udah,denger ceritanya juga udah
    kurang afdol kalau gak nonton filmnya jugaa :) )

  273. sediih bangett baruu ngelliat cuplikan nya doank …
    yaampun jjadii terharru ,,
    keke tetap semangat ya ..
    perfect

  274. rudy

    Dari kisah keke kita bisa belajar keikhlasan,ketabahan,ketegaran seorang gadis kecil dlam menjalani cobaan…walaupun tlah berikhtiar teryata TUHAN lebih sayang kpd KEKE……..selamat jalan KEKE smoga kisahmu menjadi Inspirasi buat semua.

  275. miethaodong

    ayeh,hari ini premier film surat kecil untuk tuhan

  276. sejak membaca kisah ini pertama kali udah berurai air mata… jd penasaran pengen liat filmnya..
    KEKE semoha kisah menjadi inspirasi bwt orng2 di luar sna .. dan Tuhan Bersamamu di surga..

  277. atun

    terimakasih,,, aku bener2 malu,, aku blum ada apa2ny dibandingin de’ keke,, dikasi cobaan kaya gini aja,, aku ngeluh trus,, tapi de’ keke hbt,, tabah, sabar, ikhls, dekt dg rasa syukur,,, dan jauh dr ngeluh,,,
    sekali lagi aku ucapin terimaksih,,
    mudah2n dg ziyadah doa Surat Al-Fatihah, de’ keke mendapatkan tempat yang paling istimewa disisi-Nya,,
    amiin ya robbalngalamiin,,

  278. tika

    setelah liat film nyaa sumpah lebih ngena di hati ,
    keke perjuangan mu semoga dapat menjadi pelajaran bagi aku khusus nyaa
    semoga kmu di terima sisi Nya :)

  279. demi tuhan sedih banget kisah.a
    air mata ada .. walauu keke udah gda tapii keke akan slalu ada d mata semua.a dan diia akan selalu hidup :D

  280. Yadut

    inspirator baru,,sumpah gw ampe mnetskn air mata

  281. alvyan

    gue salut sama keke atau gita sesa wanda cantika
    gue nonton filmnya kemaren malam
    gue ampe nangis

    BUAT KEKE SEMOGA KAMU TENANG DI ALAM BAKA !

    AMIN

  282. Lanie

    Asslm
    SeOraNg Raja DataNg MenGunJungi ke Rumah YanG teNgah saKit ParaH Di atas KasuR YanG tipis ,, Kemudian raja Itu bertaNya “NaK Apa YaNg SeKaraNg TeNgah Kamu rasaKan?”
    AnAk Itu hanYa TersENYum ,, Kemudian RaJa Itu kembaLi BertanYa ., baGaImana PersaaN yanG sekaRaNg Tengah KamU Rasakan,, KemUdian Anak Itu hanYa TerseNyum kemBali,, SaNg RaJa Pun Mersa KaGum KareNa KetaBhaN anak Itu.. Tak Lama KeMudian SaNg raja MeLiat saNg anak MEnangIs SaNg Raja Pun BertanYa TaDi Nak terseNyum sekaraNg knapa MenagIs,,?? saNg anak DeNgan suara Yg Terserak2 karena menagis pun menjawab “Saya Tersenyum karena saya bahagia lahir dan ada ditengah2 keluaraga yang sangat menyayangiku dan ku menangis karena Tuhan Blum memberikan kesempatan saya untuk melakukan sesuatu DengaN keluargaKu yang MenyaygIku,, yaNg Ksaya Sesalakan dari keadaan hamaba saaT ini bukan karena kondisi saya seperti ini kan tetapi yg saya sesalkan saMpai saaT ini Pun saya blom melakukan apapun Untuk mama ayah dan saudara2 saya yg menyangi hamba ,, saNg raja Pun laNgsuNg tertunduk dan tak lama setelah itu juga mengeluarakan air mata,, dan sang anak kembali bertanya kenapa paduka raja menangis,, ? lalu sang raja menjawaB: saya memang telah melakukan hal2 yang hebat untuk negara ini,namun sampai saat Ini Bahkan ibu saya dan ayah saya telah tiada, saya tak pernah melakukan hal yang hebat bahkan apapun itu untuk kedua Org tua ku…

    ( Usia yanG sIngkat dapaT menjadI Hal yang Lebih Hebat DarIpada usia Yang Pnjang YanG Tak Melakukan ApapUn terlebih Untuk Kedua Org Tua)

    (Fadhlan Pane)

  283. SISIL

    ADUH TERHARUNI……
    BACA NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN!!!!
    SAMPE SEDIH DAN KELUAR AIR MATA TERHARU BANGETTTT????
    SUNGGUH SEDIIIIH^_^
    BY:SISIL AMALIA

  284. subhanallah……….
    kisahnya begitu menginspirasi,

    terharuuu T.T

  285. isna

    haru tp penuh motivasi

  286. Puspita

    Keke, semangat hidupmu yang luar biasa telah menginspirasi untuk berani menghadapi kenyataan dan tetap kuat untuk berjuang hidup… (Surat Kecil untuk Tuhan versi movie, Juli 2011)

  287. cha ky

    the best… of the best

    buat KEKE
    semoga damai d alam sana
    dan km tdkakan pernah merasakan skit lg
    kau telah menemukan hidup abadi & bahagia.

    by : CHA KY

  288. Lativa

    Keke itu.., cantik, sabar, nggak pernah ngeluh, rajin, bahkan waktu dia sakit aja, dia maksain buat ikut ujian nasional.., trus dia nggak pernah nanya kenapa dia harus kanker..,

  289. ceritanya meyentuh hati banget ya..sejak membaca kisahnya+cuplikan filmnya d’ keke udah terurai air mata..
    d’ keke selamat jalan ya semoga ALLAH menempatkan kamu di tempat yg nyaman…..
    semoga perjuanganmu dapat menjadi pelajar bagi semua orang…

  290. Lativa

    Coba aja kalo Keke masih hidup, mungkin aja kita udah jadi sahabat sejati, oya, aku dah nonton filmnya.., menyedihkan banget .. bikin aqw hiks..hiks.., dh.. oya, heii.., Keke bentar lagi ULTAH, sayang banget lo.., orangnya ga ada.., pasti kalo dia masih ada, trus ultahnya di pestain sama fansnya yang tak terhingga, dia pasti seneng banget

  291. indri

    aku udh bca novelnya sekaligus aku nonton filmnya, aku ga bisa menahan air mata ku …
    dan aku salut banget buat keke bisa sabar untuk menjalani nya . . .
    semoga keke di terima di sisi nya . . . yg paling indah . . .

  292. nicken

    yaa ampunn sedih bangett,,tapii perjuangan gadis reamaja yang bernama keke memang luar biasa, ketabahannya yang sungguh tidak dpt dimiliki oleh semua orangg, bersyukurlah, kita masihh diberi kesempatan oleh Tuhan msh bisaa menghirup udara gratiss, jangan sia-siakan hidup dengan hal-hal yang tidak penting, buatlah orang-orang disekitar kita bahagia memiliki kita :) dan tidak menyesal telah mempunyai kita :)
    selalu bersyukur itu pentingg :)
    thanks god for everything :)

  293. mengerikan dan patut d waspadai,,,, hmmmm terharu sekali saya :(

  294. Rima

    Sunnguh seorang remaja yg patut diteladani krn ketabahan dan kesabarannya,..novel yg mengharukan dan membuatq sadar akan arti sebuah hidup..!! Terimakasih ya Allah atas pemberianmu & apa yg aq miliki hari ini,..sungguh karnamu aq bisa menjadi seperti ini,..Keke Pahlawan remaja yg Patut kita contoh..!!!

  295. desi rahayu nurlatif

    mengharukan kisah sebuah anak yg berjuang karna dia mengidap penyaki kanker ganas buat dia aku berharap semoga teh keke bisa tenang di akhirat nanti aku akan mendoakan supaya teh keke berada di surga dan ada di dekat allah dan ada di sisi orang beriman bukan orang yang zalim ass.wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>