Seputar Ujian Pendadaran Skripsiku

aku2

Alhamdulillah. Terima kasih ya Allah, ya Rabb. Tugas besarku sebagai mahasiswa program studi Matematika di UGM ini telah selesai aku kerjakan, yaitu Tugas Akhir (skripsi). Ujian pendadaran skrisi pun telah aku jalani dengan baik kemarin, Rabu 31 Desember 2008 pukul 12.00 s.d 14.30. Aku menutup tahun 2008 ini dengan ujian skripsi dan menghabiskan malam tahun baru bersama Om Zaki menonton video rekaman selama aku ujian pendadaran tadi siang. Aku tidak mengira kalau ujian pendadaranku akan berjalan begitu cepat. Aku seolah-olah sangat menikmatinya. Diawali dengan presentasi skripsiku, kemudian dilanjutkan sesi ”diskusi” atau pertanggungjawaban atas semua yang aku tulis dalam skripsiku. Namun yang paling unik menurutku adalah suasana di dalam ruang sidang yang tidak terlalu menegangkan, bahkan terkesan lumer dan begitu akrab. Canda dan tawa dari tiga orang dosen pengujiku membuatku bersemangat dalam menjawab semua yang mereka tanyakan, walaupun terbersit wajah khawatir dari dua orang dosen pembimbingku yang seolah-oleh berkata, ”Ini anak bisa ga ya?”

Aura kekeluargaan dalam ruang sidang sama sekali tidak membuatku grogi. Aku bahkan sering tertawa dengan suara cukup keras, dan anehnya ketiga orang dosen pengujiku pun tidak mau kalah, dan ikut-ikutan tertawa yang sama nyaringya. Aku tidak begitu memperhatika wajah-wajah para sahabat yang menontonku saat itu. Mungkin mereka berkata dalam hati, ”Ipin kok ganteng banget sih hari ini?”. Sengaja aku memakai kemeja warna cokelat tua dan celana panjang warna cokelat muda, karena aku sengaja menyesuaikan dengan warna kulitku dan warna meja-meja yang ada dalam ruang sidang. Dan sepertinya terkesan aku telah menyatu dengan ruang sidang dan memberikan ”aura magis” tersendiri [ini ada teorinya ga sih?, kok aku ngerasanya gitu ya?].

Aku sangat senang karena banyak sahabat yang sengaja meluangkan waktu mereka untuk melihat aku ”didadar”. Terlebih lagi si Joko yang sengaja datang langsung dari Semarang dan berhasil menempuhnya hanya dalam waktu 2,5 jam, dan itu semua dilakukannya hanya untuk melihat penampilanku di ruang sidang. Oh Joko, sayang sekali di hatiku sudah ada wanita lain. Maafkan aku yang tidak bisa memberikan hatiku untukmu, karena aku pun masih menjadi laki-laki yang normal. Sekali lagi maafkan aku, Joko. [opo iki? ra penting banget sih!!]

Bagi Anda yang tidak berkesempatan hadir kemarin, di bawah ini aku tampilkan beberapa dokumentasi dari ujian pendadaran skripsiku. Aku berharap Anda dapat merasakan suasana dalam ruang sidang dan ”aura magis” yang aku maksud di atas. Ternyata aku sering berpolah tingkah aneh selama sidang. Tersenyum kecut aku saat melihat kembali ”kelakuanku” selama ”didadar”. Ulasan mengenai jalannya ujian pendadaranku ini juga bisa Anda temui di blog sahabatku, Wisna . Terima kasih banyak ya, Wisna. Baiklah, selamat melihat dokumentasi jalannya ujian pendadaran skripsku kemarin. Jangan tertawa ya!!

aku2

“Begini saudara-saudara…”

aku2

“Waduh, kupingku gatal nih…”

aku2

“Jadi, maksud dan tujuan saya adalah…1)…2)…dan 3)…”

aku2

“Akan saya beri ilustrasi sebagai berikut…”

aku2

“Baiklah, pembahasan selanjutnya adalah…”

aku2

“Pokoknya sifat-sifatnya ya kaya gitu itu…”

aku2

“Seperti yang terlihat pada whiteboard, maka akan diperoleh…”

aku2

“Weh, siapa yang kentut nih, bau banget…!!”

aku2

“Definisi modul perkalian adalah sebagai berikut…”

aku2

“Sifat-sifat yang ada dalam modul perkalian adalah …”

aku2

“Nah, inilah inti dari apa yang saya tulis dalam skripsi saya, yaitu kaitan antara submodul prima dan modul perkalian”

aku2

“Kesimpulannya adalah…”

Foto-foto di atas adalah dokumentasi selama aku mempresentasikan Tugas Akhirku. Itu sudah urut loh, maksudku sesuai daftar isi dalam file presentasiku. Kalau tidak percaya, silakan cocokkan sendiri ya.
DAFTAR ISI :

  • Latar Belakang Masalah.
  • Maksud dan Tujuan.
  • Ilustrasi.
  • Ideal Prima dan Submodul Prima.
  • Modul Perkalian.
  • Kaitan Antara Submodul Prima dan Modul Perkalian.
  • Kesimpulan.
  • Selanjutnya dilanjutkan dengan dokumentasi selama sesi “diskusi” atau tanya jawab.

    aku2

    Coba tebak, Ervan lagi ngapain?
    1) Apakah mau mencium Willy?
    2) Atau sekedar berkomentar pada Willy, “Eh Wil, si Ipin kok cakep banget ya hari ini?
    Kirim jawabannya ke emailku ya.

    aku2

    “Pak Topo merenung…”

    aku2

    Bang Aria Turns juga datang loh. Sepertinya dia juga berkata dalam hati, “Gile bener nih Ipin, udah cakep, penampilannya memukau lagi. Aku bisa ga ya kaya dia besok waktu pendadaran?”.

    aku2

    aku2

    Oh, senangnya melihat dosen pembimbingku tertawa. Pak Budi juga ikut tertawa loh…

    aku2

    Maaf  saudara-saudara, seharusnya foto di atas disensor, karena sepertinya “naluri” laki-lakiku bekerja, tapi tak apalah. Tanganku itu lho? hehehe…

    aku2

    “Nah, kalau ditulis akan menjadi seperti ini…”

    aku2

    “Waduh, maksud pertanyaannya apa to pak?”

    aku2

    Berdiri tenang, sok cool gitu…

    aku2

    “Eh mas, kamu bisa cakep kaya gitu rahasianya apa to?”, tanya Pak Atok.
    “Iya nih, saya juga mau dong rahasianya…”, tambah Pak Ari.
    “Hemmm, pada ga ingat umur ya..”, gerutu Pak Budi.

    aku2

    Abi berkomentar lirih, “Eh Jok, kamu merasa ga, kalau si Ipin kuncup hari ini kok beda banget? jadi cakep gitu”. Joko menjawab berbisik, ” Iya Bi, aku juga merasakannya. Udah jangan keras-keras, nanti Ipin denger”.

    Willy berkata, “Eh Pin, selamat ya, kamu benar-benar cakep hari ini. Penampilanmu juga bagus banget loh”

    Ya Allah, ya Rabb, mohon maafkan aku atas tulisanku kali ini. Aku hanya ingin sedikit bercanda pada dunia. Semoga Engkau berkenan. Sekali lagi maafkan aku ya Allah, ya Rabb.

    Senang rasanya kalau setiap momen penting dalam hidup kita terdokumentasikan dengan baik. Setidaknya ada sesuatu yang bisa kita tunjukkan dan berkata pada dunia, ”Ini lo, aku pernah hidup di dunia ini dan mengisi warna kehidupan ini”. Untuk itu, jangan ragu bagi Anda untuk sekalu mendokumentasikan hidup Anda, dengan cara yang wajar dan tidak berlebihan tentunya. Bagaimana, Anda tertarik untuk mulai/tetap mendokumentasikan hidup Anda kan? Syukurlah kalau begitu. Mungkin cukup celotehku di awal tahun 2009 ini. Mari kita tetap berbagi cerita dan dokumentasi hidup. Apa saja. Nuwun.

    Berikut adalah presentasi dari tugas akhirku:

    Footer: dokumentasikanlah hidup Anda selalu.

    Facebook Comments:

    20 thoughts on “Seputar Ujian Pendadaran Skripsiku

    1. Gundul mu cakep pin, siapa yang ngomong sampeyan cakep. Tapi jujur pin dari semua pendadaran yang pernah aku lihat kamu lah yang terbaik. Kamu bisa beradu argumentasi dengan dosen2 penguji, ya meskipun tidak semua argumentasimu benar tapi setidaknya kamu jauh lebih baik dibandingkan orang yang diam saja ketika ditanya dosen penguji, sory gw gak liat pendadaran mu sampai selesai soal ada acara yan kain..
      sukses selalu ya pin…

      ” admin :
      Weh, banyak banget mas yang bilang aku cakep? Coba aja dihitung dari atas, ada berapa orang coba? hehehe. Weh, terima kasih banyak mas. Iya sih, aku orangnya agak ngeyelan sih. Btw kapan njenengan nyusul pendadaran nih?. Oke, sukses juga untukmu, mas…

    2. Dari semua pendadaran yg pernah gw lihat, hanya kamu yang bisa dengan sukses membuat ketiga dosen penguji menjadi bingung, pertanyaannya ngaco, dan akhirnya mereka saling berdebat sendiri, malah lucu jadinya. Salah satu pendadaran yg paling rame, banyak ketawanya, hahaha… πŸ˜€
      Mana foto gw, koq gk ada? gk adil donk! ntar kamu bisa seenaknya mengklaim wajahnya paling ganteng! week… Tp yg penting, tugas gw sebagai seksi dokumentasi telah lunas, ok! Btw, asem tenan ki…! gw tu gk menghabiskan malam thn baru ama lo, gw cuman maen ke kosmu sbntr aja, cmn 2 jam, pukul 21.30 gw udah pulang! Kayaknya bakal dapet “A” nih…

      ” admin :
      Wah, terima kasih atas pujiannya mas. Iya terkesan lucu dan menambah lumer suasana.
      Heh, ya ga ada lah, orang njenengan yang ngrekam kan? Makanya nitip dulu sebentar kameranya harusnya…hehehehe. Sudahlah mas, aku saja. Wajah kita tidak usah dibanding-bandingkan lagi. [asytaghfirullah…] Eh, jangan gitu mas. Setelah kau puas, jangan kau tinggalkan aku seperti ini. Akui mas, aku mohon. [kok kaya di sinetron gitu ya?] Insya Allah mas, semoga, tapi bukan nilai yang tinggi sebenarnya yang kau harapkan. Aku lebih berharap bahwa apa yang aku kerjakan ini akan bermanfaa kelak. Amiin. Terima kasih atas semuanya ya mas. πŸ˜€

    3. Pin..sebenare aku lagi rehat ngasih komen di blog orang, maklum lagi sibuk (apa sih??hehehehe..) tapi berhubung aku tidak sempat melihat pendadaranmu (maap ya dah keburu balik bandung soalnya)..tak luangkan waktu untuk kasih komen.. πŸ˜› aku sudah baca artikel-nya wisna, dan menurutku apapun hasil skripsimu nanti, kali ini aku harus angkat topi dan kasih standing ovation buatmu πŸ˜€ .
      kalimat wisna yang paling kusuka: “karena kamu berusaha keras mempertahankan tugas akhirmu, mengeluarkan semua ilmumu, dan membuktikan kalau dirimu pantas disebut sebagai mahasiswa Prodi Matematika UGM.”,
      jujur selama 4 tahun kuliah bareng aku belum pernah merasa kamu seperti yg diucapkan wisna, tapi kayaknya kamu benar2 memberikan ending yang cukup manis di akhir perkuliahanmu…aku tahu kamu bisa Pin, yang perlu dilakukan hanya berusaha sedikit lebih keras πŸ™‚ ..terus semangat ya berusaha menggapai semua mimpimu..mari kita sama-sama berjuang πŸ™‚ sekali lagi..congratulation..well done my friend, You did a good job..

      ” admin :
      Hemm, lagi sibuk apa to win? Paling cari jodoh ya kan? hehehe… Iya gapapa, aku tahu kau berdoa untukku. Itu yang aku butuhkan sebenarnya. Eh, “standing ovation” itu artinya apa? semoga atinya baik. terima kasih ya? Iya, aku juga suka bagian itu. Entah dia dapat ide dari mana saat menulis itu. Yup, mari kita sama-sama berjuang win, dengan saling mendoakan dan mengingatkan tentunya. Iya, sekali lagi terima kasih banyak ya. Sukses juga selalu untukmu, my friend…

    4. tepuk tangan buat Ipin…karena kekuncupannya di pendadarannya!

      ” admin :
      Iya, mari kita tepuk tangan…[opo iki?] Sekali lagi terima kasih banyak ya, wisna…

    5. Hua..Kayaknya seru banget.. Ak jadi pengen liat rekamannya, Pin. Bisa ga, ya? :roll:

      ” admin :
      Iya seru banget ren. Kamu ga lihat sih. Heh, benar kamu mau lihat? Aku kirim videonya mau? Kamu tulis alamat tujuannya aja. Mudah kan?

    6. Eh, beneran, Pin?

      ” admin :
      heh, ya iya lah, beneran. it’s my pleasure. laptopmu ada dvdroom-nya kan? lebih dari 1gb soalnya. kalau kamu tetap merasa ga enak, kamu ganti aja biaya pengirimannya, gmn?

    7. Laptopku kan ilang, pin.. πŸ™
      Lupa, ya? Tapi untungnya masih ada PC di rumah, jadi Ipin masih bisa mempertontonkan dirinya di depan mataku, hehe. Wah, iya gitu aja. Untuk keterangan lebih lanjut, lewat short message service aja deh.

      “ admin :
      waduh, aku lupa ren. maaf-maaf. eh, tapi ada dvdroom-nya kan? oke-oke. aku tunggu ‘short message servise’ darimu deh.

    8. oalah…udah selesai ya sidangnya..aq baru baca yg ini…sorry2. ..btw, koq km ga pke jas? bebas ya di UGM? boleh foto2 lagi…enaknya. ..

      ” admin :
      iya jon, sudah selesai. kamu ke mana aja? iya, ga perlu pakai jas. kan ga sopan kalau di dalam ruangan pakai jas. yup, cukup bebas bro. boleh didokumentasikan juga.

    9. Pertama : selamat tuk ipin…jadi S.Si. (ini awal dimulainya kehidupanmu yang baru pin!!)
      Kedua : ceritamu kebalikan denganku…dibantai sebantai-bantainya.
      temenku berkata :” dari 3 dosen itu mar, ga ada pembimbingnya. ..semua adalah penguji!!”
      Mari kita bersyukur kawan-kawan, masih terlalu banyak yang ga seberuntung kita.

      Salam hangat,
      Damar Kuntoro

      ” admin :
      Pertama : terima kasih banyak, damar. yup, ini adalah “awal” dari kehidupanku yang lain, karena aku telah memiliki kehidupan sebelumnya. [iya ga sih?]
      Kedua : wah, aku turut berduka cita mar. yang penting kamu udah lulus kan? semangat ya, dan sukses selalu untukmu…
      yup, benar sekali. mari semuanya.

    10. aku dadi deg2an..ngesuk si piye sidangku hiks..gayamu lo pin, aduh… narsis tralala deh…yah.. congrat ye, moga makin lancar ke sananya ^_^

      ” admin :
      weh, deg-degan? ora usah wedi is, aku ya maune grogi, tapi ya jebule mung kaya kuwe thok…malah ngguya-ngguyu sidane…loh, keren kan? itu natural loh, tanpa ada rekayasa…yup, terima kasih ya, semoga lancar semuanya. sukses juga untukmu…

    11. Ngomong2 soal ujian pendadran… .Selamet dulu buat Mas Ipin & Mas Damar….
      Ipin wisuda Februari donk…..Selamet euy!!!!

      Jadi inget pas aku dulu…Alhamdulillah. …Dosenku baek banget…..Bayangin, aku yang maw seminar…Pak Dosen yg nentuin harinya….Menjelang seminar…Tiap hari di sms…Nanyain ada yg perlu ditandatangan ga? Kalo ada, saya tunggu di ruangan saya….gitu katanya tiap pagi. Trus kalo ga nongol2 ditelfon….Butuh tandatangan dosen lain, ditelfon lah tw dosen diminta datang ke aku yg sedang di lt 3….Bayangin…. ??? Baiknya tw Bapak…Alhamdulillah. ….Ujian cuma ketawa-ketiwi doank…..Dibilang hrs ngulang kalo ga bisa, tapi nyatanya diajarin juga biar bisa. Hahaha Baeknya…..I think i was the luckiest girl at that time…..^_^

      ” admin :
      iya terima kasih ya hermin…Ga tahu juga nih, masih rembugan sama orang tua, tapi kayaknya sih mau lulus februari aja…Wah, kau beruntung sekali min, baik banget dosennya. kalau aku yang aktif menghubungi dosen pembimbing…ya akhirnya diajari dan dibimbing sih…hanya saja aku yang memulai lebih dulu [harusnya gitu kan?] keterlaluan!!! baik banget dosen pembimbingmu…jadi iri…hehehe
      yup, alhamdulillah…ujian udah pendadaran berakhir, tinggal revisi…

    12. SeLamaT buat ipin ya…..maaph teLat pin…dan qita kan bertemu di GSP pada 19 febRuari besok..dan selamat juga buat priyo “kethek” yg pada tanggal 06 jan 09 telah lu2s ujian pnda2ran….dan aq juga telah menyusul mereka dg ujian pd hari ini, 07 jan 09 tadi pagi jam 08.00-10.00.

      Akhirnya…lu2s juga….fyuuu. ..hhh…legaa. ..ya tinggaL revisi2 gitu.. gpp…mo revisi seabreg2 yg penting lu2s..He…SLamat jg buat Damar n Brur kmrn yaw…sukses buat qita smua…!!!!! !!

      ” admin :
      iya terima kasih sebelumnya, mugi…iya, semoga kita bisa ketemu. wah, kamu udah pendadaran juga yah?…selamat juga ya. hoh, baru kemarin to pendadarannya? aku pikir sebelum aku kemarin malah…yup, sing penting wis lulus, gari revisi …
      amiin, sukses buat kita semua!!!

    13. Wah selamat PiN…Gut Luck. Your live has been begun…

      ” admin :
      Iya, terima kasih banyak, sahabat. Yup, semoga beruntung. Sukses untuk kita semua. amiin. Another live just begin…

    14. Differ with me…so differ. I was annihilated by them (them refer to my *****)
      But thanks to The God, I have passed my exam..My life, My experience.. .

      ” admin :
      Duh, aja nganggo bahasa inggris lah. sangat berbeda denganmu ya bro? ehm, kau pasti sangat tersiksa saat itu? aku mengerti perasaanmu kok. Yup, thanks to God. Semangat bro…Sukses yah…

    15. gila seru banget lo ya. aku tuh bulan depan mau ujian gitu terus aku brows2 gitu. tennnnntang pendadaran eh ada tulisan lo. asyik juga. bener gue jadi tertarik dalam tanda kutip lo. gaya gaya bahasa lo kayak andrea hiorata. tapi jangan gede rasa lo.

      ” admin :
      waduh mba, aku jadi malu. hanya terima kasih yang dapat aku ucapkan. aku ga nyangka gaya bahasaku mirip andrea. tenang aja, aku ga akan GR. semoga tulisan ini bisa jauh lebih bermanfaat nantinya. amiin. btw, sukses buat ujiannya besok yah. sering-sering mampir ke sini lo…

    16. ipin nulis: “Sengaja aku memakai kemeja warna cokelat tua dan celana panjang warna cokelat muda”
      Pilihan yang tepat! setahuku sih, warna coklat tuh bagus untuk suasana formal, terkesan sopan, berwibawa (entah baca artikel di mana, lupa),….
      ini tidak memuji ipin πŸ˜›

      ” admin :
      weh, bahkan aku ga tahu kalau ternyata telah melakukan hal yang benar. hehehe … πŸ˜›
      aku hanya mengikuti insting belaka, emma. syukurlah kalau ternyata pilihanku tepat, dan aku berharap akan selalu demikian, maksudku selalu memilih yang tepat. amiin. karena ada yang bilang : HIDUP ADALAH PILIHAN.

    17. pin koq bahasamu dadi njijiki….. agak2 gimana gitu….

      ” admin:
      ya ben!! btw sukses untuk pendadaranmu besok ya, rifky.

    18. WaH,. tetangga Fakultas ternyata,.. saLam keNal pak bosz ^_^

      duLu aku mau masuk matematika pak,.. untung gag jadie… kayakna bakaLan puyeng,.. heHe… duLu Cinta banget ma matematika,.. skg udah dapet seLingkuhan baru,.. heHe.

      ” admin:

      wah, njenengan dari fakultas biologi ya? hemm, ga nyangka njenengan bisa juga selingkuh dari matematika.

    Leave a Reply to zakimath Cancel reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *